Saturday, June 29, 2013

Volunteer GenSINDO: (semoga) jadi Titik Terang bagi gue.

Halo teman-teman! Sedikit mau cerita nih, (jika berkenan membaca, ya bacalah ini ya :")).
Hari ini, Sabtu 29 Juni 2013, akhirnya gue punya tulisan yang bisa terbit di koran! Iya, senengnya seneng banget.

Tulisan gue bukan tulisan karangan cerpen, puisi, apalagi tulisan opini-opini begitu. Tulisan gue ini berupa sedikit catatan akhir liputan. Sebuah petikan kejadian dalam serangkaian acara Jumpa Pers Pementasan Titik Terang oleh Ratna Sarumpaet di TIM, Selasa 25 Juni 2013 lalu.

Semua ini bisa gue raih berkat menjadi Volunteer di GenSINDO, sebuah rubrik di KoranSINDO yang hanya muncul setiap hari Sabtu. Isi rubrik ini menarik-menarik banget, apalagi buat anak muda. SERING SERING BACA, YA!

Awalnya sih, iseng-iseng mendaftar, eh akhirnya keterima jadi Volunteer GenSINDO Batch VI. Ya, langkah awal kerja di media ya (mudah-mudahan). FYI, gue pengen banget bisa kerja di media. Televisi, radio, majalah, bahkan koran sekalipun. Ngebayangin jadi reporter atau editor. Syukur-syukur bisa jadi announcer di radio juga. Hehe *banyak mau*. Atau apapun yang berkaitan dengan tulisan dan cuap-cuap deh. Mudah-mudahan ya, bisa terkabul suatu saat nanti. Amin. Jadi penulis cerpen atau novel juga diaminin aja yah. Hehehe.

Jadi Volunteer GenSINDO banyak keuntungannya. Awalnya, gue sempet ngajuin diri buat ngeliput acara JakCloth, terus gue berangkat lah tuh memburu berita. Syukurnya, gue mendapatkan kesempatan ngobrol langsung sama penyelenggara acaranya, ngobrol sama salah satu selebtweet terkenal @benakribo buat wawancara brand clothingnya dia, dan berbagai keuntungan lainnya, termasuk juga melihat Bapak Gita Wirjawan, Menteri Perdagangan RI yang diundang hadir pada hari pertama JakCloth. Tapi sayang, kali itu tulisan gue belum bisa terbit.

Masih belum nyerah, gue terus usaha. Setelah mencoba yang kedua kalinya di liputan Titik Terang itu, gue kepikiran buat bikin tulisan tentang Rio Dewanto dan teater. Di acara itu juga gue punya keuntungan-keuntungan sendiri. Bisa ngeliat langsung gimana kalo wartawan "beneran" lagi kerja. Lagi ngerekam video. Lagi mengajukan pertanyaan. Dan yang paling keren, bisa ngeliat tokoh-tokoh kawakan kayak Ratna Sarumpaet, Rio Dewanto, Atiqah Hasiholan, Teuku Rifnu Wikana, dan Maryam Supraba dari deket. Banyak deh! Gue jadi merasa kalo gue salah satu dari reporter-reporter berjam tinggi itu. Hahaha, *ngarep dikit*

Foto dari depan mereka, seneng seneng seneng :)

Gantengnya, :'''
 Jadilah setelah itu, muncul sebuah tulisan yang judulnya Titik Terang bagi Rio Dewanto. Dan, yang paling menyenangkan, tulisan itu terbit! :):):) How I love this JOB! Mungkin untuk sebagian orang, apalagi wartawan dan pekerja tinta lainnya, hal-hal yang gue share di sini adalah hal yang biasa. Mereka hampir setiap hari bertemu orang terkenal, dan meliput kejadian-kejadian penting. Tapi, buat gue, pengalaman ini adalah pengalaman yang begitu berharga. Jadi, wajar aja kalo (gue sendiripun merasa) agak norak. Tapi gimana dong, seneng banget soalnya :''

Kalau kalian nggak keberatan, bisa dibaca di sini tulisannya, hehe: Titik Terang bagi Rio Dewanto. Mungkin tulisan itu masih pemula banget. Tapi doakan saja yaaa semoga dengan banyak latihan dan terus menulis, gue bisa menghasilkan tulisan yang lebih dan lebih baik lagi. Nggak cuma sekedar hasil liputan, tapi mungkin berikutnya menghasilkan karya tulis layaknya cerita pendek ataupun (syukur-syukur bisa) novel. Ya, semoga selalu kuat ya kaki dan tangan gue menempuh perjalanan yang lebih jauh lagi.

Menyenangkan sekali bisa bergabung bersama GenSINDO. Harapan gue, gue bisa belajar banyak di sini. Belajar cara menulis berita, menulis liputan, menulis opini ringan, dan yang penting belajar sedikit banyak tentang media. Terlebih lagi, semoga Titik Terang tidak hanya menjadi milik Rio Dewanto, tapi juga milik gue dan milik pemimpi-pemimpi lain yang sedang berjuang meraih mimpi di luar sana! :)

*Kalau nggak salah, GenSINDO masih mengajak kalian yang suka menulis untuk gabung loh! Silahkan aja googling infonya, atau visit dan follow twitternya di @GENSINDO. Okeoke, *tringtring*.

9 comments:

  1. congratulations on your first published writing Cha! happy for you!

    mengenai kerja di media....
    amen for both of us :'))

    ReplyDelete
    Replies
    1. Merci cath! :);)
      Amen amen. See you di IYC ya btw :)

      Delete
  2. ka, boleh nanya..
    kakak ikut pendaftaran volunteer gen sindo yg bulan apa tahun berapa ya?

    aku mau ikut juga nih ka, kira-kira ada lagi pendaftaran volunteer kapan lagi ya ka?

    mohon dijawab, merci ka :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. aku baru ikut yang bulan Juni kemarin kalau nggak salah inget. aku batch 6.

      kayaknya masih di buka deh. coba aja kepoin twitternya di @gensindo.

      Delete
  3. rasanya Briefing pertama kali jadi calon volunteer gimana ka?
    cerita dooong .. heheee

    ReplyDelete
    Replies
    1. kok Anonyme? Hehe.
      Rasanya briefing pertama kali itu nggak ada persiapan, nggak ada ide bermunculan. Deg-degan agak ga percaya gitu juga *lebay sih* soalnya bakalan bisa nulis buat koran. :D seneng deh!

      Delete
  4. Hey2, salam kenal ya, saya juga keterima jadi volunteer nih baru2 ini, tapi ga tau batch berapa. hehe
    masih awam nih buat nulis berita di koran, udah dikasih job sma Bu atau Ka esti. Minta masukan dong :D
    Fadhil

    ReplyDelete
    Replies
    1. halo salam kenal :) udah nulis artikel apa nih? aku juga baru nulis 2 artikel :)

      Delete
  5. Halooo. Itu jadi volunteer nya berapa bulan ka? Dan dalam sebulan bisa nulis berapa artikel? Thankyou. Bales ya ka

    ReplyDelete

Thanks for leaving a comment :)