Monday, November 17, 2014

Mabuk B2 di Bakmi Ahau 38 Mangga Besar

Seperti judulnya, saya memang mabuk babi setelah pulang dari sini.

Bagaimana tidak? Di tempat yang konon katanya menyediakan bakmi babi terenak sepanjang masa ini, saya berhasil menghabiskan 1 porsi bakmi porsi kecil ditambah 2 buah bakso babi goreng ditambah 2 buah suikiaw ditambah 1 siomay babi ditambah 1 pangsit goreng ditambah 1 porsi telur puyuh isi 5 butir. Nah kan? Membaca penjabarannya saja sudah bikin kalian pusing (atau ngiler?) saya yakin.

Atas rekomendasi seorang teman, dan berdasarkan isu-isu yang telah lama beredar, janji untuk kuliner bertemakan babi bersama Maltal pada malam hari tanggal 12 November kemarin, ya akhirnya berujung di tempat ini, Bakmi Ahau 38 di kawasan Mangga Besar.

Ada yang bilang bakmi di sini super enak. Ada yang bilang, bakmi di sini akan bikin "foodporkgasm" bagi para "porkaddict". Ada yang bilang, makan bakmi di sini kalau kebanyakan malah bikin eneg. And I agreed with it all finally. Bakminya enak, tapiii kalau kebanyakan malah bikin eneg.

Bakmi Ahau 38 ini tidak memiliki tempat di ruko atau di bangunan tetap, melainkan hanya bergantung pada sebuah gerobak dan beberapa meja kursi yang dilindungi tenda-tenda memadai. Lokasinya tidak sulit ditemukan. Cukup cari sekolahan Santo Leo dan Apotek Budi, nah di seberangnya lah, Bakmi Ahau 38 ini berjualan. Penjual (yang diduga adalah pemiliknya) serta beberapa pelayannya sangat ramah. Tidak terkesan jutek sekalipun tempat ini lagi dipenuhi pengunjung.

Harga seporsi bakminya cukup terjangkau. Bakmi Porsi Kecil Polos-nya 14,000 rupiah, sementara yang Porsi Besar-nya dihargai sebesar 21,000 rupiah. Lebih banyak 1,5 kali lipat dari porsi kecil.

Untuk versi komplit (mi polos + 2 bakso babi goreng + 2 suikiaw + 1 siomay + 1 pangsit goreng + 1 porsi telur puyuh isi 5 butir), ukuran kecil-nya dihargai 39,000 rupiah dan ukuran besar-nya dihargai 46,000 rupiah.

Lengkap!
Jika tidak ingin memesan yang komplit, tapi ingin memesan bakso babi atau siomaynya saja, kalian bisa memesannya secara terpisah.

Berikut saya lampirkan daftar harganya (per Nov 2014):

1. Bakso goreng 3,000 rupiah
2. Suikiaw 3,000 rupiah
3. Pangsit goreng 3,000 rupiah
4. Siomay 6,000 rupiah 
5. Telur puyuh 4,000 rupiah per porsi.


Kalian bisa memilih sendiri pelengkap mana saja yang ingin disajikan bersama bakmi polos yang kalian pesan (hal inilah yang tidak diketahui saya dan Maltal sebelumnya, sehingga kami dengan PD memesan yang komplit, haha, akhirnya ya begitulah).

Oiya, bakmi polos itu bukan berarti bakmi-nya tok. Tapi, ada juga kok daging dan campuran kerupuk kulit.

Yums!
Menurut saya, bakmi ini enak. Seperti yang saya bilang sebelumnya, bakmi ini enak, tapi kalau kebanyakan jadi eneg. Saya sendiri tidak begitu suka siomay, suikiaw, dan bakso babinya. Karena masih terlalu manis di lidah. Tapi, salah seorang teman saya justru mengakui bahwa ia menyukai baksonya. Hmm, namanya juga pendapat ya?

Tidak suka pada siomay, suikiaw, dan baksonya bukan berarti saya tidak menyukai bakminya. Salah. Saya sangat suka bakminya. Padat. Tidak terlalu lembek dan matangnya tidak berlebihan. Tekstur bakmi di sini pada akhirnya cukup mengobati kerinduan saya makan bakmi babi, eh babi bakmi maksudnya. 

Bakmi Ahau 38 Mangga Besar
Jl. Mangga Besar No. 38, Mangga Besar

4 comments:

  1. Update harga tadi pagi saya beli
    1 porsi besar komplit Rp.51rb , 1 porsi kecil komplit Rp.43rb

    ReplyDelete
  2. Jam bukanya boleh dikasih tau ga?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Setauku dari pagi - malam ada, cuma orang yang jaga aja yang ganti-ganti. Kalau enggak salah ya :)

      Delete

Thanks for leaving a comment :)