Monday, June 17, 2013

Film: Man of Steel


Clark Kent/Kal-El (Henry Cavill) adalah seorang pemuda yang merasa terasing karena memiliki kekuatan luar biasa.

Clark, dikirim ke Bumi dari Krypton, sebuah planet asing yang canggih. Dibesarkan oleh orang tua angkatnya, Martha (Diane Lane) dan Jonathan Kent (Kevin Costner). Clark segera menyadari bahwa memiliki kekuatan super membuat ia justru sulit mengambil sebuah keputusan. Ketika bumi diserang, akankah Clark menggunakan kekuatannya untuk menjaga perdamaian atau digunakan untuk memecah belah? Clark dikenal sebagai 'Superman,' tidak hanya untuk melindungi orang-orang yang ia cintai namun menjadi tumpuan harapan terakhir di Bumi


sumber: http://www.21cineplex.com/man-of-steel-movie,3149,13MOSL.htm

Yeay! Akhirnya kembali merandom bersama Aan, Dimas, dan Sisca.
Karena siang hari ini nggak ada kerjaan apa-apa, jadi kita memutuskan untuk nonton bersama.
Filmnya ya Man of Steel ini.

Gue sih sebelumnya nggak ngikutin film Superman, (sedih ya masa kecilnya, ya?).
Tapi, karena kata temen-temen, film ini nggak ada kaitan yang berarti dengan film-film sebelumnya, akhirnya ya gue oke-oke aja nonton film ini.

Mulai masuk ke sedikit komentar dan celotehan dari gue ya tentang film ini.

Jadi, menurut gue film ini seru! Hanya saja, entah mengapa, di tengah-tengah perjalanan kisahnya, gue ngerasa ngantuk gitu. Ya, nguap-nguap dikit lah. Nggak begitu tau deh ya kenapa. Hehe.
Filmnya nggak jelek! Sama sekali nggak jelek! Komposisinya 80% action, 20% drama lah menurut gue.

Kisah hidup Clark digambarkan dengan adegan-adegan flashback gitu. Gimana masa kecilnya. Gimana kisah dia jadi ini, jadi itu, jadi begini jadi begitu. Jadi, mondar mandir, maju mundur gitu buat tau cerita hidupnya Clark. Kisah keluarganya juga agak dramatis gitu, terlebih pas ngeliat hubungan Clark sama ayahnya ketika di muka bumi ini. Sedih-sedih bikin nangis, (tapi gue nggak nangis sih, terharu aja).

Ceritanya bisa dibilang nggak jauh-jauh tentang kepahlawanan, manusia, persaingan, dan perebutan wilayah. Kurang lebih seperti itulah. Tapi kemasan dan cara penyajiannya aja yang berbeda. Jadi unik dan menarik! Kalo mirip-mirip aja sama yang lain, jadi nggak seru dong ya? Hehe.

Sebenarnya, gue nggak terlalu bisa ngomentarin film ini dari segi naratif dan sinematografisnya. Cuma yang gue bisa bilang adalah, gue nggak nyesel nonton film ini. Efek-efeknya keren. Semuanya keren. Cumaaaa, kapal-kapal yang digunain Jenderal Zodnya itu bikin bingung aja. Kebanyakan. Jadi sebenernya mana yang masih bisa digunain. (Kalo bingung, coba tonton lagi!). Meskipun menurut gue, actionnya kebanyakan dan sedikit bikin gue nguap-nguap jelek, tapi secara keseluruhan, it's worth it to be watched kok. Malah Aan, Dimas, dan Sisca sama sekali nggak kayak gue yang nguap-nguap nahan ngantuk. Mereka suka dengan laga para pemainnya. Gue juga suka kok, beneran deh. Tapi agak bosen pas si orang-orang Kryptonnya nyerang melulu, nggak capek apah? hehe.

Kalo diijinin menginterpretasikan film ini, gue bilang film ini agak menyindir manusia sih. Nggak tau gue juga siapa yang bikin dan punya ide cerita. Tapi, ya menurut gue ada unsur nyindir-menyindirnya. Mungkin akan ngerti kenapa gue bilang ada sindir menyindir, setelah nonton filmnya sih. Gini ya, buat bangsa Krypton, si Jenderal Zod itu aja berani  melakukan apa aja, sampai hal tak terpuji, untuk menyelamatkan bangsa dan penduduknya. Manusia? Dengan hati nurani, akal, dan pikirannya, justru menggunakan itu semua untuk pelan-perlahan menghancurkan bumi tanpa mereka sadari. Coba ya, kalo menurut gue, dari mana tuh pemanasan global jaman sekarang? Manusia-manusia juga kan? Intinya, gue menganggap film ini mau ngajak kita buat sama-sama menjaga dan melestarikan bumi, satu-satunya tempat kediaman manusia di semesta ini. Nggak harus dengan cara tak terpuji seperti Zod, yang terkesan bengis, tapi, cukup dengan saling menghargai dan melakukan sesuatu dengan hati nurani, dan dengan moral yang kita punya. Jangan sampai, bumi tempat manusia ini justru dihancurkan oleh manusia itu sendiri. Zod aja mau nyelametin Krypton. Dia sayang banget sama Krypton. Masa manusia nggak mau pelan-pelan nyelametin bumi? Emang nggak sayang sama bumi? Hehe. *gitu aja*

Buat gue sih sekian aja tentang film itu. Semoga kalian-kalian yang menonton film ini, bisa menginterpretasikan lebih dan bisa memaknainya sesuai dengan pikiran masing-masing ya! :)

Ciao!

No comments:

Post a Comment

Thanks for leaving a comment :)