Thursday, August 9, 2012

SaBar KUKSA FIB

*Hal yang menyenangkan hati, banyak sekali bahkan kalau kita bermimpi sekarang ganti baju, agar menarik hati ayoo kita mencari temaaaaann :D*
Okeee, itu lirik lagu kartun Chibi Maruko Chan. Ada kaitannya dengan postingan gue kali ini? Tentu adaaaa :D.

Hal yang menyenangkan hati tuh emang ketika kita bertemu teman-teman baru (bukan berganti baju). Dan yang paling menyenangkan di tanggal 8 Agustus 2012 kemarin adalah, KUKSA FIB berhasil mengadakan acara Sahur Bareng !!! Iyeeeey!!!

Sahur Bareng KUKSA FIB itu proker pertama yang baru nongol pas kepengurusan gue. Ide Bina, bukan murni ide gue. Hehe, seneng banget rasanya kita sebagai kaum nonmuslim bisa juga melayani kaum yang beragama muslim. Hehehe.

Acara Sahur Bareng KUKSA itu semacam SOTR atau bekennya Sahur on the Road. Dilaksanain di Yayasan Bina Insan Mandiri yang terletak di area sekitar terminal Depok.
Acaranya seru bangeeeeett!!! Meskipun baru pertama dan kurang persiapan, tapi gue seneng, gue bisa ketemu bocah-bocah dan anak-anak SMP keatas yang mandiri dan apa adanya. Kagak jaim-jaiman, kagak malu-malu, yaaa apa adanya aje daaaaaaaah.

Acaranya rencananya dimulai jam 3 pagi, tapi berhubung ada miskomunikasi antara panitia dan pihak pengada makanan, jadi acaranya harus tertunda. Tadinya kan sepakat buat ngambil makanan sebanyak 70 porsi jam 3 pagi tanggal 8 Agustus, naaah karena kebiasaan orang Indonesia, jadi mikirnya makanan bakal diambil pagi-pagi tanggal 9 Agustusnyaaaaaaaaaah. Nah loooh kan, jadinya makanan yang 70 bungkus itu baru disiapin sekitar jam 3 pagi. Akhirnya, gue dan beberapa temen lain bantuin mbak-mbak warungnya bungkusin nasi hahaha.

Setelah kebut-kebutan bungkus nasi, jadilah 70 bungkus nasi yang isinya sayur, kentang, telur, dan nasi buat dibawa ke TKP. Kebut-kebutan mobil pun terjadi haha supaya ga telat sahurnya niiiih!! Pesertanya 10 orang dari KUKSA. Ada eykeeeeh, Bina, Inggit, Ginta, Echa, Camilla, Yohanna, Evan, Tera, dan Kak Dea. Kita sampe di TKP jam 03.30 pagi. Fiuuuh syukurlah nyampenya ga setelah subuh yaaa, kalo ga siapa yang mau sahur, hahaha :D
Menu SaBar KUKSA + segelas air mineral
 
Anak-anaknya dikumpulin gituuuu sama bapak-bapak yang ngoordinir disana di sebuah ruangan. Cewe dipisahin duduknya sama cowo. Tanpa kenalan dari anak-anak KUKSA (takut waktunya mepet), akhirnya anak-anak lucu itu langsung doa dan langsung makan! Ada juga orang yang udah bukan anak-anak lagi, remaja gitu duduknya di luar ruangan itu sambil mainan musik.
Ini barisan para cowo

Ini barisan para cewe

Gue nggak makan, karena emang perut gue lagi nggak enak pagi itu, jadi gue cuma minum air mineral sambil ngobrol-ngobrol sama anak kecil disana. Gue kenalan sama beberapa anak yang namanya Hamzah (anak ini udah SMP gitu, pendiem sekali, agak malu-malu, hehe), terus ada Aziz, ada Abdul, Bayu, Jerry, Dede, dan ada Adam. Anak yang namanya Adam ini talkative banget! Suka nyaut omongan gue gitu aja. Dia juga yang ngenalin beberapa orang serta dari mana asalnya. Kecil kecil cabe rawit sih kalo gue bilang. Udah gitu, anaknya lucu gitu, rambutnya udah ada yang putih-putih alias ubanan. Hahaha. Dari cerita dia, gue tau kalo beberapa anak sini ternyata bukan asli Depok. Beberapa dateng dari beberapa daerah, kebanyakan sih dari Jawa Barat. Ada yang dari Sukabumi, Cirebon, Tasikmalaya, ada yang dari Solo, banyaaak deh. Tapi ada juga sih, beberapa yang emang dari sekitar Depok.
Gue sama Adam, si anak periang

Ginta, gue, ADAM, dan Yohanna :D

Seusai makan, ternyata makanan masih sisa banyak, sekitar 18an bungkus gitu. Nah, gue tawarin deh buat mereka-mereka yang masih laper jangan malu-malu buat nambah. Ternyata, emang anak sana makannya banyak bangeet, haha. Pada ga malu-malu buat nambah, yihaaaaaaaaaa gue juga seneng liatnya! Hehe , makanan abis, merekapun seneng :D. Mereka ngambil makanan langsung dibuka langsung dimakan. Ada juga yang ngambil buat dikasihin ke temennya yang tadi belum sempet dikumpulin di ruangan. Sambil beberapa anak yang nggak mau nambah, bantuin beres-beresin ruangan itu sebelum nantinya shalat subuh, gue ngajak beberapa anak buat ngobrol lagi. Ada Paceh, Rizqi, Rio, sama Nanda. Beberapa nggak terlalu banyak mau cerita, cuma Paceh yang mau cerita. 

Dia (Paceh) udah lumayan lama jadi anak didik di Yayasan Bina Insan Mandiri. Dia cerita ke gue kalo dia seneng dan bersyukur banget bisa jadi salah satu anggota Yayasan ini. Dia bisa belajar, dia bisa kenal temen-temen yang lain, tapi dia masih bisa juga nyari duit sendiri. Yap! Paceh juga kerja jadi pengamen. Paceh asalnya dari PoCin (Pondok Cina), kawasan sekitar Depok juga. Dia cerita ke gue, kalo di Yayasan ini, nggak semua anak seneng kaya dia. Banyak juga yang kabur, nggak betah, bahkan memilih buat balik ke jalanan, nggak mau belajar. Paceh juga nggak tau kenapa pas gue tanya alesan temen-temennya kabur. Paceh sendiri udah sering ngajakkin anak-anak jalanan yang dia temuin buat dateng ke Yayasan Bina Insan Mandiri, cuma rata-rata pada nggak minat. Yaaa, kalo menurut gue, tiap orang punya pilihan masing-masing, tapi gue salut sama Paceh, masih mau belajar dan bersyukur. Mandiri lagi, masih mau ngamen buat ngisi kantong sendiri! :D

Selesai ngobrol-ngobrol sama Paceh, gue ketemu anak kecil, namanya Feri. Tapi pas ditanya namanya, dia gamau jawab. Tau kenapa? Dia cadel, jadi malu kalo harus ngomong Feri jadi Feyi. Haha, lucu banget anaknya, suka ngegandeng tangan orang dan ngegelayut gitu di tangan orang lain. Terus suka ketawa gitu anaknya. Haha, kocak banget deeeh!!!
Yohanna, PACEH, gue, FEYI :P

Nah, karena dari tadi gue cuma di dalem ruangan itu, akhirnya gue mutusin buat liat keadaan di luar. Di luar, gue nggak kalah kagumnya! Anak-anak yang gue bilang main musik di luar tadi, ternyata alat musiknya itu dari barang-barang bekas! Dari drum biru yang biasa buat ngisi aer atau bensin-bensin gitu, terus dari botol kaca yang diisi air dalam ukuran yang berbeda-beda sehingga bunyinya juga beda-benda, dari panci bekas, kaleng cat, dan kaleng-kaleng lainnya. Tapi permainan musiknya? Okeeee banget broooh!! Gue jadi inget SAFRIDUO, yang dulu terkenal. Sebelas duabelas sama permainan musik di Yayasan Bina Insan Mandiri ini. Mereka mainin beberapa lagu, satu diantaranya kayanya sih lagunya familiar gitu, tapi gue lupa judulnya apa. Di sini gue tampilin salah satu videonya yaaaa, (beberapa lagi bisa dilihat di account gue di YouTube). Kata Camilla, beberapa anak binaan di Yayasan ini berhasil masuk PTN, bahkan ada yang masuk UI. Salut bangeeeeeeet :”””). Tapi kasiannya, mereka tersandung masalah biaya. Kasian mereka, kuliah di negeripun masih dihambat oleh masalah biaya. Huftw



Setelah permainan musik ini yang akhirnya gue tau nama grupnya The Wrong Shock, gue kepengeeeeeeen banget ngadain foto bareng, gue minta tolong deh sama bapak-bapak yang ngoordinirnya, buat ngumpulin anak-anak biar bisa foto bareng. Tapi sayangnya hasilnya gelap, dan gue juga gatau kalo gelap soalnya bukan gue yang fotoin. Tapi gpp deh, hehe, gue seneng!!!




Setelah acara itu, kita-kita anak KUKSA ngadain evaluasi kecil-kecilan di KFC Lenteng Agung sampe jam 6 pagi. Dan alhasil, gue nggak tidur-tidur dari kemarennyaaaah. Sampe di kosan jam 6.30, mandi dan langsung tidur sampe jam 10, karena gue harus pergi lagi siangnyah.


Echa dan Inggit, si PO

Echa

Tera

Kita semuaaaaaah, Echa-Bina-Camilla-Inggit-KakDea-Gue-Tera


Hal yang menyenangkan hati, banyaaaaaaaaaaak sekali :D. Acara jalaaaan, (Thanks berat buat Tuhan Yesus atas lancarnya acara ini, juga yang besaaaaaaaar banget makasihnya buat Maria Inggita a.k.a Inggit selaku Project Officer dan Bina serta Kak Dea yang mau nyediain mobil buat transportasi kita-kita ke Yayasan Bina Insan Mandiri buat Sahur Bareng. Gak lupa Thanks berat lagi buat peserta-peserta yang ikut = Yohanna, Camilla, Echa, Evan, Ginta, Tera!!!), ketemu temen-temen baru, melihat bakat yang super hebaaaaaaaat dari anak-anak itu, huaaaaaaaaaaah pokoknya menyenangkan sekali berbagi. <3 <3<3

No comments:

Post a Comment

Thanks for leaving a comment :)