Saturday, August 25, 2012

8 hari untuk selamanya ♥ (Part III)

Hari 6, 7, dan 8 dihabiskan di belahan Jawa bagian Barat.
Lembang - Bandung - Puncak (lagi)!!!

HARI KEENAM - KETUJUH
21 Agustus 2012 dan 22 Agustus 2012

Merengguk dinginnya West Java

Pagi pukul 09.00, bokap udah ribut-ribut nyuruh gw mandi. Padahal katanya berangkatnya jam 11.00. Bangun dengan malas, mandi dengan lunglai. Setelah selesai mandi dan berbenah-benah, seger juga ya ternyata. Haha. Baru jam 10.05, tapi kayaknya yang lain udah pada siap berangkat. Jadinya, kita berangkat agak pagian deh. Hehe.
Sampe di Bandung jam 12-an, lanjut ke Lembang. Macet!

Curi-curi waktu baca novelnya Dee yang Kesatria, Putri, dan Bintang Jatuh. Abis, batre bb udah abis. Dan, tangan gw nggak bisa diem cuma liatin jalanan. Macet pula. Haha
Sampe di Lembang jam 1-an, langsung serbu Ayam Goreng khas Bandung!
Ketemulah tenda tempat makan Ayam Goreng, namanya tenda Raos kalo nggak salah. (Agak-agak lupa).
Makan dengan kalap. Pesen ayam goreng 1 potong, sate kulit ayam dan sate ati ampela.
Kenyang. Tapi lidah (sedikit) tidak terpuaskan. Kurang asin. Hihi. Saya pecinta rasa asin, garam, kecap asin, dan sebagainya. Jadi, maklum kalau tidak terpuaskan.

Setelah dari sana, muter-muter dulu ke arah Tangkuban Perahu, tapi ternyata tutup, ada protes dari masyarakat sekitar sana tentang masalah yang, yaaaa, gw juga nggak tau jelasnya.
Beli kaos-kaos yang tulisannya Bandung, I ♥ Bandung, dll yang sejenis. Kemudian, menuju Sari Ater.
Lihat penuhya mobil yang mau masuk Sari Ater, akhirnya nggak jadi masuk kesana deh.
Untuk makan malam, beralih ke daerah Tangkuban Perahu lagi, di rumah makan Saung Pengkolan. Makan ayam penyet dan nila cobek. Leher mulai kambuh lagi, masa .____. Setelahnya, pengen langsung istirahat aja rasanya.
Beralih aja langsung ke penginapan.
Penginapannya bukan di hotel bukan di villa, tapi di Balai "sesuatu" gitu, gw juga lupa namanya. Dekat daerah pengembangan pertanian begitu kurang lebih. Di sana itu bangunannya terpisah-pisah. Ada namanya masing-masing. Punya beberapa kamar yang biasa disewakan. Harganya murah. 350.000 per malam. Beda jauh dibanding nginep di hotel. Apalagi pas musim lebaran begitu.

Di penginapannya juga lumayan bersih, kasurnya ada 3, cukup untuk ber-5. Kamar mandinya nggak jorok. TVnya punya siaran yang jernih, nggak kayak di kosan gw. Haha.
Udaranya, dingin! Serasa pake AC. Gw berkelimun jaket, selimut, dan pashmina. Lengkap sudah perlindungan diri dari serangan hawa dingin. Tapi, namanya di pegunungan. Dingin tetaplah dingin. Sepertinya harus punya jaket bulu-bulu dulu biar nggak kedinginan, haha.
Buat agenda perjalanan besok, udah disiapin dari malam hari. Besok tinggal cuss ah.

Bangun tidur di pagi hari, hidung mampet. Seperti penyakit biasa kalau kena udara dingin. Nggak mungkin nggak mampet. Yaudah, terima nasib aja deh gw.
Air sana dingin banget! Tapi, dengan nekat, gw memutuskan untuk mandi. Seger lah pasti yaaa.
Jam 09.00 udah siap buat keluar dari penginapan menuju Bandung. The real trip  dimulai!!

1. Tahu Susu Lembang
Tempat pertama yang dikunjungi setelah keluar dari penginapan. Beli tahu susu goreng 20pcs seharga 20.000 rupiah. Ada suatu sudut di tempat ini yang menunjukkan kepada pengunjung cara pembuatan tahu susu. Bisa liat sendiri cara bikinnya. Asik banget!
Tempat ini terletak di sekitaran Lembang. Ada kebun Strawberrynya juga.
Selain beli tahu susu goreng, gw beli tahu susu isi ayam dan udang. 5pcs seharga 10.000 rupiah. Bokap makan Kupat Tahu Susu. Harganya lupa. Hehe.
Ada macaroni schotel juga, hmm. 10.000 atau 15.000, entahlah. Saya pelupa. Enak rasanya.
Liat sosis bakar, jadi kepengen lagi. Beli! 10.000/pc
Liat ceker ayam kuah tom yam. Bungkus! 13.000/mangkok. Isi 5 ceker. Nyokap makan 4. Gw makan 1. Yang penting nyicip.
Liat bola-bola tahu susu isi remahan udang, beli lagi! 10.000/5pcs.
Pagi itu, perut udah penuh aja diisi banyak jenis makanan. Haha. Puas!!!

2. Rumah Sosis
Sudah sering menjenguk Bandung. Sudah sering melirik Rumah Sosis. Masuk belum pernah. Ya jelas, penasaran! Akhirnya, kesampaian juga masuk ke Rumah Sosis. Ternyata tempatnya asik buat Outbound keluarga. Tapi, sayangnya yang termuda di keluarga saja adalah saya. Masa saya yang sudah mau 20 tahun, masih mainan outbound? Sendirian pula? Maaf, terimakasih :D
Akhirnya, hanya berjalan berkeliling. Mau beli sosis yang masih di freezer alias masih belum dimasak, rasanya sedikit mahal. Paling murah 39.000, yang termahal bisa sampai 60.000 bahkan 70.000. Hehe.
Beli sosis bakar aja gw. Cheese and blackpepper. 10.000/pc. Enak. Saya fix menjadi penggila sosis bakar.

3. Kampoeng Daun
Terletak di Jalan Sersan Bajuri km.4,7. Sama-sama nggak ada yang tau tempatnya, modal nekat aja menyusuri jalan itu. Ternyata, banyak kampung-kampung lain! Ada Kampoeng Gajah Wonderland. Menarik sepertinya. Ada rumah Kayu. Ada tempat bernama "sapulidi" yang menyediakan pemandangan asri.

Sepanjang jalan banyak yang jualan tanaman juga! Menggoda mata - menyegarkan syaraf. Warna-warni bunganya membuat siapapun pecinta tanaman jatuh cinta! Bokap nyokap dan oma gw akhirnya beli beberapa tanaman. Harganya murah ternyata. Beli tanaman bunga matahari, anggrek, serta apalagi itu entah apa namanya. Maunya beli banyak, tapi bagasi nggak muat. Haha.

Sesudah itu, gw melanjutkan perjalanan ke Kampoeng Daun. Sampai disana, lagi ada acara gitu. Pasar Ngampar. Berbagai kesenian dijajakan.
Pada dasarnya, Kampoeng Daun ini semacam cafe dan culture gallery. Bagus tempatnya, asri pemandangannya. Full of Green! Hijau di kanan kiri. Gemericik air terjun kecil menyegarkan waktu makan bersama keluarga! Waaaah, bagus deh tempatnya. Alam banget! Ck, sayangnya kita nggak berniat makan disana. Hanya ingin memanjakan mata terhadap tempat yang dianggap indah. Dan ternyata, memang sangat indah!

4. Kampung Bali
Pas keluar tol Pasteur, ada baliho gitu gede, nunjukkin kalau di Bandung, di Jalan Pasir Keliki ada Kampung Bali gitu. All about Bali. Penasaran, akhirnya kita cari-cari deh. Ternyata pas ketemu, suasananya emang Bali banget. Cuma, karena males bawaannya, dan variasi menu di restorannya yang mudah dijumpai di tempat lain, akhirnya gw, bokap, nyokap, oma cuma turun sebentar, terus cuss lagi ke tujuan berikutnya, DAGO!

5. Kartika Sari, Evieta Klappertaart DAGO (Jl. Juanda)
Next destination, manjain lidah! Beli 4 box di Kartika Sari. Brownies panggang keju, brownies kukus tiramisu, brownies kukus pandan, dan picnic roll. Beli sedikit oleh-oleh buat temen-temen juga.
Klappertaart, bikin kalap! Haha, nggak boleh pulang dari Bandung sebelum beli ini. Gw jatuh cinta sama Klappertaart sejak pertama kali nyobain. Lupa kapan. Di Evieta, rumnya lebih berasa. Hehe. Beli 3. Harganya 18 ribu/pc untuk ukuran kecil. 60 ribu untuk ukuran besarnya. Gw beli ukuran kecil 3 pcs. Original, keju, dan blueberry. Yummy!

6. Jalan Trunojoyo
Surganya distro! Banyak banget distro di sepanjang jalan ini. Mirip-mirip Tebet Utara Dalam versi Bandung. Haha, karena takut kantong seret, akhirnya cuma beli beberapa potong baju di UNKL 347. Syenaaaaaaaaang.

Tadinya, mau cari-cari Soerabi. Tapi nggak ketemu. Yaudah, di Tangerang juga ada, hihi.
Tadinya, mau nginep semalem lagi di Cipanas, tapi nggak jadi. Mau pulang aja. Besoknya baru ke Cipanas lagi. Ahaha. Keluarga random nan menyenangkan.

Akhirnya selesai puas berjalan-jalan dan berkunjung sana sini, kita menuju tol Pasteur. Pas udah mau masuk tol, ada sederetan tempat beli oleh-oleh gitu. Alih-alih mau ke toilet, bokap malah beli bika ambon sama durian bakar. Haha, belum dicobain sampe sekarang sih, durian bakarnya. Nggak tau rasanya gimana =D

Puas puas dan puas. Setelah semua maksud dan tujuan ke Bandung tercapai, akhirnya mobil melangkahkan roda di jalan Tol. Doa dimulai supaya perjalanan selamat. Kantuk ditahan buat nemenin bokap ngobrol sepanjang jalan. Berangkat jam 6.15 pm, sampai di rumah jam 11 pm. Soalnya, pukul 10 pm mampir dulu di Rest Area Tol Karang Tengah buat makan malam secukupnya di Dapur Sedap

HARI KEDELAPAN : 24 Agustus 2012

Awalnya udah berasa males menginjakkan kaki ke Cipanas, Puncak. Jauh. Akhirnya memutuskan untuk ke Cibubur. Ada resto Ayam Taliwang yang uenaaaaaaaaaak banget disana. Pondok Taliwang. Berangkat jam 11 pagi, sampai disana tepat jam makan siang. Hoki belum berpihak buat keluarga gw. Rumah makannya tutup. Haha. Tapi, untungnya di jalan itu ada satu lagi pondok makan Ayam Taliwang. Ya, iseng aja coba-coba.

Enak! Satu kata buat menggambarkan makanan disana. Bumbunya pas, pedesnya oke, cuma sayang, ukuran ayamnya terlalu mini. Mungkin ayam yang dimasak umurnya masih sangat belia. Kasihan.

Selesai makan, keluarga gw yang random ini bingung mau kemana. Mau ke daerah Kampoeng Daun di Bandung buat beli tanaman, rasanya terlalu jauh. Akhirnya, mobil meluncur di jalan alternatif yang menuju Cianjur. Dari Cianjur, kan, lumayan deket ke Puncak. Ya, akhirnya kesana jugalah kita.

Sayangnya, kita terjebak di jalan pintas ke Cipanas. Ke Puncaknya nggak jadi lewat Cianjur, karena sebelum sampai Cianjur, ada belokan yang merupakan jalan pintas ke Cipanas, tembusnya di Taman Bunga Nusantara. Kita lewat sana. Dan terjebak. Di tengah jalan, banyak jalanan rusak dan ada juga anak kecil yang menadahkan tangan untuk sekeping receh atau selembar seribu rupiah. Cuma, sayangnya, mereka terlalu kecil untuk disuruh jadi peminta-minta. Orang tua mereka, masih ada. Dan seharusnya mereka tau, anaknya nggak boleh diajarin begitu. Senyum dan doa dikeluarkan, semoga kita cepat keluar dari jebakkan jalan pintas ini. Akhirnya, tiba juga di Taman Bunga Nusantara, mau mampir tapi udah tutup.

Yasudahlah. Pergi makan aja deh kita (makan melulu). Makan malam di Ayam Goreng Jakarta. Pesan menu secukupnya. Nah, disini enak! Asinnya memanjakan lidah. Haha.
Selesai makan, ya langsung mau turun aja ke Jakarta, daripada kemaleman. Sempet kejebak macet juga di sekitaran Cisarua. Mobil penuh yang baru mau naik ke Puncak dan yang turun ke Jakarta. Mampir Cimory Riverside (Cimory Resto) yang baru, di sebelah kiri jalan, beli 4 botol susu segar dan sekantong cemilan kentang keju.

Then, pulang ke Jakarta! Tak lupa doa dipanjatkan supaya kita selamat dalam perjalanan. Dan Nescafe French Vanilla disediain buat papa. Perjalanan pulang ditemani siaran radio Jak FM bergantian dengan Prambors. Kantuk hampir menguasai, tapi, yaa berhasil ditahan buat nemenin bokap ngobrol. Kasian bokap gw kalo nyetir sendirian dan yang lain tidur. Hehe. Sampai di rumah jam 11 malam. Tepar.

Huah! 'll be missing you, West Java :*
PS. Still no photo. Bayangkan sendiri indahnya.
8 hari untuk selamanya ♥. END.