Friday, May 30, 2014

Makan malam di Yuan Mongolian Restaurant: The Shabu Cuisine...

Gagal diet detected. -,-

Seminggu menjalani diet ketat ternyata berujung tak sempurna.
Minggu malam (25/5) akhirnya semuanya runtuh seketika ketika akhirnya gue sama mama papa oma opa memutuskan makan malam di sebuah restoran di Alam Sutra.

Nama restorannya Yuan, Mongolian Restaurant. Mongolian Food yang ditawarkan membuat gue akhirnya penasaran. No googling-googling, No kepo-kepo, langsung aja menuju TKP dan lihat menunya langsung...

Penampakan restorannya... Cukup... Nyaman untuk keluarga...
Restoran ini ternyata sudah berdiri mulai November 2011. Karena kurang memperhatikan atau kurang menonjol dibanding restoran-restoran di dalam The Flavor Bliss yang ada tepat di seberangnya, gue sama keluarga nggak begitu sadar dengan ke-eksis-an restoran ini. Baru sadar ketika waktu itu kita makan di Pho24 Vietnamese Pho Noodle  dan melihat ke arah seberang. Nah, terlihat deh si YUAN ini.

Begitu masuk, aroma MSG-nya merebak. Entah sih, MSG beneran atau justru wangi kaldu yang memang aduhai enaknya. Cuma, begitu masuk restorannya, aseli bikin perut langsung bermain gendang.

Gue langsung duduk di tempat paling dekat pintu masuk. Lihat-lihat menu dan akhirnya memutuskan untuk pesan makanan porsi-an. Selain porsi-an, sebenarnya kita bisa memilih menu shabu-shabunya. Untuk menikmati shabu-shabu ini juga ada dua pilihan. Mau bayar per-pilihan aja (daging, seafood, ball, and vegetables) atau All You Can Eat. Hmm.


Spoiler penampakan meja gue. *bingung caption*
Untuk yang bayar per-pilihan...
Pertama, lo harus pilih dulu mau kuah rasa apa (House Special Original Broth, House Special Spicy Broth, Half Half -Original and Spicy Broth-, House Special Cooling Broth, dan Half Half -Cooling Broth and Spicy Broth)
Kedua, lo bisa pilih menu untuk shabu-shabunya (The Meat -daging sapi dan domba-; The Balls, Raw La Mian and Wonton; The Vegetable, Mushroom, and Tofu). Pilihan-pilihannya beragam sekali. Setiap jenis punya harganya masing-masing begitu.


Ini pilihan-pilihan kuahnya
Penampakan menu, di halaman pilihan daging-daging...
Ketiga, tunggu semua pesanan datang dan, your shabu-shabu is ready!!! Tinggal beraksi cemplung-cemplungin bahan-bahannya ke dalam panci yang akan dipanaskan di tengah-tengah meja lo.

Untuk yang memilih All You Can Eat...

Lo akan dikenakan biaya IDR 148.000,- per orang. Peraturannya? Ada...

1. Setiap meja harus memesan menu makan sepuasnya yang sama
2. Silahkan menghabiskan makanan yang sudah dipesan.
3. Untuk makanan yang tersisa akan dikenakan biaya sebesar 1 porsi dari harga ALA CARTE
4. Pelanggan diberikan waktu maksimal 2 jam.
5. Anak 12 tahun dihitung setengah harga.
6. Hanya berlaku untuk makan di tempat.
7. Tidak dapat digabungkan dengan promosi lainnya.

Nah, untuk pilihan All You Can Eat, rasa-rasanya, nggak semua pilihan menu bisa dinikmati. Hanya pilihan-pilihan tertentu aja yang bisa diikutsertakan ke dalam tipe All You Can Eat ini. Kenapa gue tau? Soalnya di kertas pesanan yang gue peroleh, nggak semua menu ada kolom quantitynya. Hehe...

Hmm, penasaran juga sih sama shabu-shabunya.
Tapi kita terlanjur memilih menu paket-an. Dan akhirnya, pilihan kita (gue mama papa oma opa) jatuh pada beberapa menu di bawah ini...



1. Minced Beef La Mian With Mix Ball - untuk papa (IDR 32)
Tidak sempat mencicip. Hiks.




2. Minced Beef La Mian With Fish Ball - untuk mama (IDR 32)
Tidak sempat mencicip punya papa, tapi sempat mencicip punya mama. Nama menunya sama, bakso yang menemani aja yang beda. Punya papa, baksonya campur. Ada sapi dan ikan. Nah, di pesanan mama, baksonya cuma bakso ikan aja.

Setelah mencicip, jujur gue kurang suka. Rasanya biasa aja. Kurang asin-asin pedas gurih gitu deh. Mungkin emang belum gue tambah-tambahin bumbu lagi sih, tapi rasa aslinya emang datar aja gitu...



3. You Po Mian With Lamb - untuk gue (IDR 30)
Nah, ini the best lah. Gue emang nggak suka Minced Beef La Mian-nya, tapi You Po Mian ini gue suka! Soalnyaaa, bumbunya langsung dicampur di mangkok mi-nya. Jadinya gurih. Bayangkan, rasanya itu seperti bumbu mi instan/ bubuk kaldu dicampur bubuk cabe dicampur kecap asin.Wuidih!




Bentuk mi-nya juga nggak biasa. Melainkan unik luar biasa. Bukan mi halus-halus kayak bakmi. Bukan juga mi lebar atau kwetiau. Tapi, mi-nya ini diserut alias mi serut. Bentuknya kasar-kasar nggak beraturan. Pas dikunyah juga agak kenyal dan nggak mudah hancur di mulut. Tapi, gue suka yang begini-begini... Hehe. Agak padat sih. Terlalu padat bahkan. Makanya, gue bilang diet gue gagal. Huh.

Daging dombanya gue suka. Ternyata, rasanya itu antara campuran rasa daging kambing dan daging sapi. Lebih soft juga teksturnya dan lebih creamy. Seolah-olah ada kandungan susunya gitu di daging ini. Hmm...

Makan mi ini didampingi semangkok kuah kaldu lagi. Jadi lebih segar dan nikmat aja gitu di mulut. Nggak cuma pesanan gue aja yang didampingi kuah, tapi Minced Beef La Mian itu juga ditemani kuah, kok.

4. Seafood Fried Rice - untuk opa oma (IDR 28)
Biasa, mereka bagi dua karena nggak bisa makan banyak-banyak. Selain makan nasi goreng ini, mereka juga dapat mi dari mama, mi dari gue. Jadi, mereka juga mencoba menu-menu lainnya. Yeay! :D



Gue nyobain nasi gorengnya satu sendok. Bumbunya pas dan cukup terasa. Nggak kekurangan rasa atau tawar, apalagi kelebihan bumbu. Enak di lidah meskipun nggak perlu pakai banyak kecap seperti nasi goreng di tempat lain. Uhuy lah pokoknya...

5. Pan Fried Dumpling with Lamb - untuk rame-rame (IDR 38)
Papa yang mesen. Kita habisin sama-sama. Bentuknya kayak dumpling biasa, tapi ini isinya daging domba. Terus digoreng di atas pan gitu. Satu porsi isinya delapan buah. Cukup enak. Daging dombanya dihalus-halusin dan ditambah daun bawang. Ya, mirip-mirip suikiaw/shrimp dumpling/pangsit lah.



6. Lamb Satay - untuk rame-rame (IDR 36)
Satenya tanpa bumbu kecap, tanpa bumbu kacang, tanpa bumbu lah. Disajikan begitu saja tanpa saus apa-apa. Seperti daging bakar biasa. Rasanya bolehlah. Recommended kok. Kurang manis aja jadinya kurang lezat deh. Haha, soalnya kan gue cinta semuanya yang dibakar-bakar pakai kecap (ingat cerita-cerita gue sebelumnya?)



7. Oolong Chinese Tea for 5 (@IDR 12 )
Ini nggak recommended. Cukup high price yaaa. Hehe.

Nah, dari keseluruhan menu itu, yang paling the best emang pesanan gue. Sama Lamb Sataynya cukup enak lah.
Soal harga, kalau makan bareng keluarga, harus siap-siap uang sekitar IDR 300.000,-. Kalau makan sendiri atau berdua, agaknya IDR 100.000,- sampai IDR 150.000,- cukup. Kecuali ya mau All You Can Eat

Yuk ah yang penasaran nyobain Mongolian Food dan Shabu-Shabu dengan banyak pilihan, langsung aja ke Yuan! 

Yuan The Shabu Cuisine: Jalan Alam Sutra Boulevard Blok 10E No. E1-E2 Serpong.

See yaa next pengunyahan!

1 comment:

  1. gue seneng baca review makanan lo... karena yg di-review menunya emang banyak! :)))
    the perks of makan rame-rame ya :))

    ReplyDelete

Thanks for leaving a comment :)