Tuesday, May 13, 2014

Family Dinner: Gudeg Keraton at Graha Raya, Tangerang

GUDEG!

Siapa yang nggak tau dan nggak kenal sama makanan asal Yogyakarta ini, mendingan nggak usah ngaku kalo dia orang Indonesia *gaya lu, Cha!* ehehe...

Hari Sabtu, 10 Mei 2014, yang adalah malam minggu tapi gue nggak malam mingguan, merupakan hari di mana gue menemukan sebuah tempat makan enak di kawasan Graha Raya Bintaro, Tangerang (Perumahan yang bisa tembus ke Bintaro dan juga ke Ciledug dan juga ke Alam Sutra).

Awal mula memilih tempat makanan ini juga karena asal tunjuk aja. Haha. Tadinya sih, mau makan di salah satu tempat yang udah jadi langganan di Graha Raya ini, tapi karena tempat tersebut ramainya pake banget, akhirnya kita (gue, mama, papa, oma, opa) memutuskan untuk makan Gudeg di rumah makan bernama Gudeg Keraton.

Kenapa akhirnya gue memutuskan untuk menulis ulasan tempat makan ini? Soalnya, rasa Gudegnya asli Jogja syekalih. Tempatnya juga nggak mengecewakan. Meskipun nggak mewah, tapi makanannya enak loh. Enak! Harganya? Nggak mahal loh. Nggak mahal!

Setelah melihat menu yang hanya terdiri dari 1 lembar kertas terlaminating bolak-balik, gue akhirnya memilih Nasi Bebek Bumbu Bali. Bokap milih Nasi Bebek Cabe Ijo. Nyokap gue milih Nasi Gudeg Biasa (Pakai Telur) dan Opa Oma gue mesen Nasi Gudeg Spesial dibagi dua (How sweet they are, ya!)...

Setelah makanan datang dan memiliki penampakan seperti ini:

Nasi Gudeg Biasa pakai Telur (IDR 13.000,-)
Nasi Gudeg Pake Ayam for IDR 28.000,-
Nasi Bebek Bumbu Bali (IDR 20.000,-)
gue langsung mengambil sendok dan garpu serta mengunyah mereka sendok per sendok. Dimulai dari kunyahan terhadap sesendok nasi+bebek bumbu Bali punya gue.

Rasanya...ENAK! I don't really know what Bumbu Bali is, tapi ini rasanya enak. Bebeknya super lembut. Bumbu yang melapisi si bebek ini rasanya manis + pedes. Nikmat syekali deh ah pokoknya ngunyah bebek lembut plus bumbu yahud.

Beralih ke menu makanan papa yang bebek juga tapi pake bumbu cabe ijo, gue nyobain juga secuil. Nyomot pake garpu sendiri. Hahaha. Rasanya yang ini tergolong biasa aja. Kalo dihayati makannya, mungkin jadi enak banget :D. Bebeknya sama lembutnya kayak punya gue, tapi bumbunya aja yang menurut gue masih enakan si BUMBU BALI.

Beralih lagi ke menu makanan emak gue yang adalah GUDEG! Sebelum nyokap gue melahap sepiring penuh si Gudeg tak bersalah, gue udah ngomong duluan kalo gue mau nyobain. Jadi, jangan diabisin gitu maksudnya. Setelah disisain dan gue bisa nyicip 2 -3 sendok, rasanya emang enak. Kreceknya nggak hambar. Telornya manis. Nasinya aja sih yang agak lembek dan sedikit benyek, mungkin karena disiram kuah santan juga kali ya.

Oiya, hampir lupa mengulas soal suasana tempat. Suasananya seperti kebanyakan tempat nongkrong biasa. Nyaman. Tanpa AC. Tapi ada angin sepoy-sepoy. 



FYI, tempat ini nggak cuma nyediain GUDEG aja. Ada mie ayam Bandung, ada warung Penyet yang menyediakan segala macam penyet-penyetan (ayam, bebek, empal, ikan nila, dll, ada otak-otak, dan ada berbagai macam kopi-kopi khas Indonesia (but I didn't drink these).

Gue nggak tau, semua macam makanan selain GUDEG dan si GUDEGnya sendiri di bawah naungan satu orang atau nggak. Yang jelas, tempat ini menyajikan sebagian besar dari segitu banyaknya cita rasa khas Indonesia. Cocoklah bagi pecinta kuliner dan pecinta makanan tradisional Indonesia.

Additional:
Otak-otak: IDR 2.000,-/pc
Tahu bacem: IDR 2.500,-/pc

Alamat:
Graha Raya Bintaro,Ruko Graha Raya Blok B 8 No. 15, Jl. Raya Boulevard,Bintaro

2 comments:

  1. oh my, ngiler berat ini list nasi gudegnya ! :'''9

    ReplyDelete
    Replies
    1. Enakkkkkk... Haha, eh eh kulineran bareng dong Lynn!

      Delete

Thanks for leaving a comment :)