Tuesday, May 6, 2014

Random Trip to Pulau Harapan (III)

Minggu, 4 Mei 2014.

Mau nggak mau harus PULANG...

Pagi-pagi jam 5 gue udah kebangun, tapi yang lain masih pada tidur. Jadi, gue tidur lagi aja deh.

Jam setengah 6 lewat gue kebangun lagi, dan yang lain masih pada tidur.

Oke, gue, yang udah nggak bisa tidur lagi, ngajakkin onoy buat liat sunrise. Yang lain pada nyenyak-nyenyak banget soalnya. Cuma temen sableng gue ini yang melek. Tapi, dia juga mau tidur lagi. Yaudah aja gue cabut sendirian.

Karena takut nyasar lagi, gue bener-bener afalin tuh jalan dari penginapan gue ke luar. Gue bikin penanda-penandanya. Ya, kalo bego-begonya gue sampe nyasar lagi, gue bisa nanya orang kok, tenang tenang. Orang di sini mah kenal semua satu sama lain. Deket banget!

Sampe di tepi laut, gue rasa gue belom terlambat buat liat sunrise. Mataharinya perlahan-lahan nongol. Warnanya bagus banget. Nasib lagi sendirian, gue coba nikmatin aja. Bisa loh. Asik banget nikmatinnya. Lo bisa berdoa di sela waktu lo melihat matahari itu nongol.

Karena gue ngerasa masih rada jauh dari pemandangan sunrise itu dan gue akhirnya tau kalo ada tempat yang lebih deket buat ngeliat sunrise, gue akhirnya beranjak lah ke sana. Jalan pelan-pelan aja tuh sampe akhirnya gue menyentuh posisi enak buat liat sunrise. Gue foto. Gue upload. Dan gue berdiri dalam diam. Gila, ya. Bagus.

SUNRISE
Setelah puas dan nggak tahan lama-lama berdiri di posisi seperti yang gue jalankan kemaren, akhirnya gue balik. Duduk bentar di tempat pertama kali gue duduk pagi itu sampe posisi mataharinya lumayan tinggi, terus pulang ke penginapan. Nggak pake nyasar. Syukurlah.

Pas gue balik, belom ada loh yang bangun. Padahal itu udah jam 6 atau setengah 7-an. Yaudah, karena bener-bener no idea mau ngapain, gue tidur aja lagi. Terus sarapan dateng dianterin bapak-bapak. Sampe gue bilang makasih dan bapak-bapaknya pergi lagi, belom juga ada yang bangun. Gue tidur lagi aja.

Jam 8 gue bangun, gue keluar aja. Udah bener-bener nggak bisa tidur lagi dan nggak tau mau ngapain. Onoy juga udah bangun, yaudah kita ngablu-ngablu aja di luar penginapan. Ngobrol sambil nungguin yang lain pada bangun. Kecapean semua kayaknya.

Temen gue ini biar kata keliatannya urakan, tapi omongannya kadang-kadang bikin mikir. Selama ngobrol, ada beberapa hal dari omongan dia yang bikin gue mikir. Bikin gue belajar. Dan yang serunya,bikin gue bersyukur lebih lagi. Salah satunya, bikin gue setidaknya bersyukur, gue masih punya keluarga yang sayang sama gue dan pasti nerima gue biarpun keadaan gue sekacau apapun. Thank you :).

Liburan yang nggak sekedar menghibur, tapi juga bikin belajar, justru jauh lebih worth it buat gue. Hal paling sederhananya, belajar mensyukuri semesta sama isi-isinya yang udah dikasih Tuhan buat kita. Simple, kan?

Setelah dua jam ngobrol dari A sampe G (lebay kalo gue ngomong dari A sampe Z), gue akhirnya nengok ke dalam kamar. Eaz, Flora, sama Suzanne ternyata udah bangun. Lampu dinyalain dan HP bisa kembali dicharge. Selama lampu kamar mati, HP nggak bisa dicharge soalnya. Listriknya nggak jalan.

Oiya, ngomong-ngomong soal HP, untuk ke Pulau Harapan, sebaiknya gunakan provider Indosat daripada Telkomsel karena jauh lebih kuat sinyalnya. Kecuali di tengah laut, Telkomsel nggak akan turun-turun sinyalnya. Kenceng aja terus.

Gue mandi, beres-beres, dan sarapan. Pagi-pagi ini sarapannya nasi uduk, bihun goreng, telor balado, sama orek tempe plus kerupuk. Minumnya teh manis hangat. Perut kenyang hati senang, balik lagi deh gue beresin tas dan bawaan yang lain macem handuk yang baru dijemur. Siap pulang!

Abis beres-beres, gue tiduran dulu bentar. Terus menjelang jam setengah 12, setelah yang lain selesai mandi, kita disuruh segera ke dermaga karena kapal udah mau balik. Yaudah kita jalan ke dermaga abis sekali lagi make sure kalo nggak ada barang yang ketinggalan.

We were ready to get home!
Kita naik ke kapal jam 12an, kapal jalan sekitar jam itu juga. Karena lagi panas-panasnya, akhirnya gue stay dulu di dalam kapal. Serba salah sih. Di dalam pengap. Di luar panas. Hehe. Untung sebelum kapal jalan, ada tukang jual es krim. Kita beli aja dulu. Enak kan mayan, siang-siang makanin es krim. Tempat duduk gue pas pulang sama kayak pas gue pergi. Seruangan sama si nahkoda kapal.

Sama (lagi) kayak pas pergi, kapal ini mampir dulu di Pulau Pramuka buat jemputin penumpang dari sana sebelum akhirnya menuju ke Muara Angke. Kapalnya sih nggak terlalu lama berhenti di Pulau Pramuka, tapi gue sempet turun dulu buat beli es doger dan buat liat-liat Pramuka sebentar. Di pulau ini ternyata ada penangkaran penyu dan udah ada rumah sakitnya. Kesimpulan yang bisa gue ambil, pulau ini udah lumayan maju dan berkembang. Air laut di sini juga sama jernihnya. Ada ikan kecil-kecil sama ikan yang belang-belang hitam kuning (gue nggak tau namanya).

Setelah cabut dari Pulau Pramuka, yaudah deh, gue tinggal nikmatin perjalanan pulang ke Muara Angke. Selama perjalanan pulang, harusnya sih ada lumba-lumba yang sering nongol, tapi kemaren gue kurang beruntung, jadi gue nggak bisa liat lumba-lumba deh. Yang gue liat justru orang yang main jetski di tengah laut. Lumayan jauh juga loh mereka mainnya, karena itu bener-bener di tengah laut. Mungkin mereka sih udah biasa kali ya.

Selama perjalanan pulang, gue akhirnya nggak stay di ruangan nahkodanya, gue milih duduk di luar kapal, di bagian agak bawah dan tengah-tengah. Dari sana, gue bisa liat laut yang emang luas banget. Gue bisa ngerasain anginnya. Gue bisa enjoy aja, dibanding di ruang nahkodanya, gue lumayan ngerasa pengap. Karena gue ke luar cuma bawa kain semacam pashmina, jadilah beberapa bagian kulit gue langsung menghadap matahari. Efek perihnya berasa pas gue udah turun kapal di Muara Angke. Jadi, saran gue, ketika lo pengen menikmati angin laut dan duduk langsung di bawah sengatan matahari pas naik kapal, jangan lupa deh pake jaket atau pake kemeja atau pake apapun yang nutupin kulit lo. Better dibanding cuma pake krim-krim doang.

Tempat gue duduk pas di belakang bapak ini
Pas udah di deket mana gitu gue nggak paham, gue milih tiduran di tempat gue duduk itu. Kepala gue langsung ngeliat ke atas. Bisa liat bentuk awan yang aneh-aneh. Lucu juga saat-saat lo ngebayangin itu awan bentuknya kayak apaan. Sayangnya, hp gue kemaren lowbatt jadi gue nggak bisa ambil foto-foto awan itu. Hmm...

Tangan sama muka gue sih gue tutupin pake kain, tapi tetep aja panasnya ngebakar pas gue tiduran gitu. Tapi, gue tahan-tahanin aja, kapan lagi ngelakuin perjalanan kayak gitu. Hehe.

Sekitar pukul 4 sore, gue sampe di Muara Angke. Gue harus pisah sama Eaz, Flora, dan Suzanne. Suzanne hari Senin mau ke Jogja, Eaz dan Flora harus balik kerja juga Seninnya.

Nggak berhenti di situ, abis gue sama onoy babay-babay (dadah-dadah) ke mereka, kita ketemu rombongannya Malik sama Mako. Jadilah kita ngangkot bareng-bareng ke Grogol sebelum akhirnya bener-bener mencar.

Balik naik TransJakarta, lanjut angkot, dan akhirnya jalan kaki menuju rumah, gue sampe juga saat waktu hampir pukul 6 sore. Muka udah dibilang gosong, item, dekil, merah, dan kebakar sama orang rumah. But, I don't really care karena gue tau gue akan memutih kembali *gaya lu songong! haha*.

Welcome back to the reality! Welcome Monday, welcome to my tasks!

Finally, I just can say, so many thanks for you guys yang udah jalanin liburan ini sama-sama.
It was just so fun and amazing. Totally AMAZING!!!

See you next trip...

PS:
Kalau kalian nanya, selama perjalanan ini, gue kena biaya berapa, berikut rinciannya:

- PP Kapal Dolphin Ecotourism: IDR 80.000,-
- Penginapan dengan AC, 1 kasur, dan 1 kamar mandi; kapal buat pindah-pindah dan nyebrang pulau pas mau snorkeling; sewa alat-alat snorkeling; makan siang, makan malam, dan sarapan: IDR 1.200.000,-buat 5 orang. Jadi, satu orang kena IDR 240.000,-

Gue bisa kena biaya segitu karena gue nggak ikut travel.
Dan, agak beruntung aja ketemu bolang yang suka berpetualang dan kenal banyak orang (Flora), jadi biaya yang dikenakan akhirnya senilai segitu.

Setau gue, kalo ikut travel, bisa murah kalo bawa banyak orang. But I don't know the exact amount. Akan lebih kecil dari IDR 320.000,- atau nggak. Dicoba sajalah. :)

Baca juga sebelumnya:

Baca juga epilognya:

1. ASLIK SERU BANGET! :'''D
    Cha nanyaaa, itu di Pulau Harapan sebenernya bisa buat snorkeling gak sih? Atau emang harus ke Pulau Perak yang ada pantainya?

1. Wah gue nggak bisa jawab juga sih soalnya gw gatau. Hehe. Tp kayaknya ga ada yg snorkeling di Harapan, Lynn. Rata2 psti nyebrang ke pulau lain. Pulau Perak atau Pulau Dolphin yg gw mention, bisa jadi tujuan oke. :)

2. Bantu jawab, untuk snorkeling, banyak sekali spot yang bisa dicemplungin, tapi bukan di Pulau Harapannya. Di sekitar Pulau Harapan lebih tepatnya.

Hahahaha, rajin menulis ya kamu!!! Jangan pernah lemas, ya!

1. Makasih Eaz udah bantu jawab!

Siap Eaz, makasih ya dukungannya :) Jangan pernah lemas juga kakinya menjelajah hoho

Thanks for leaving a comment :)