Tuesday, May 6, 2014

Random Trip to Pulau Harapan (I)

I don't know what to write in the beginning of my post.
But, I can just say that my 2D1N trip to Pulau Harapan was just so fun and amazing!!!

Why so?

Well... I have to start the story, and.........just enjoy my post!

AWALNYA...

Semua berawal dari kerandoman yang ada di otak gue. Kepikiran buat liburan. Pengen aja gitu ke pantai. Ke Kepulauan Seribu. Ke Pulau Harapan. Liat laut. Jalan di atas pasir. Menenangkan diri dulu dari hiruk pikuk dan ramainya kota Jakarta. Cieilah.

Ide ini terus berlanjut pas gue sama seorang temen gue lagi BBM-an. Gue sama dia ngebahas ide-ide buat liburan gitu. Apalagi, gue dikasihtau dia kalo tanggal 1 Mei itu libur (pas hari Buruh). Seru sih kalo liburan dari tanggal segitu, jadinya total liburan empat hari. Tapi kan hari Jumat-nya, gue masih kerja yaaaa, jadi nggak bisa dibablas juga. Terpaksa, kalo emang mau liburan ya liburan yang bisa Sabtu - Minggu doang.

Nah, ngobrol-ngobrol soal ide random gue itu sama temen gue, dia sih nanggepinnya ayok-ayok aja. Yaudah deh, gue girang gitu ada temen yang mau nemenin. Terus, dia bilang dia ngajakkin temen-temennya dulu biar tambah rame. Yaudah deh, gue makin girang kalo rame. Hehe.

Nah (lagi), kita akhirnya berencana berangkat tanggal 3 Mei aja tuh, karena hari Sabtu kan. Jadi berangkat tanggal 3, pulang tanggal 4. Dua hari satu malam cukup lah, ya. Lama-lamanya nanti aja, kalo udah suntuk akut sama Jakarta. Kalo masih ada kerjaan di Jakarta dan masih banyak yang harus dipikirkan, I suggest you to take this 2D1N trip. It will also be nice.

Sebagai tindak lanjut, akhirnya temen gue ini ngabarin gue pas hari apa gitu gue lupa, kalo temennya ada yang mau ikut dua orang. Yaudah kan, gue pikir jadi aja ini mah jalan-jalan. ASIK!

Eh, ternyata oh ternyata, beberapa hari sebelum hari Sabtu, pas gue lagi ngobrol sama temen gue ini, dia bilang lah, kalo temennya nggak jadi bisa ikut, karena udah pada mencar. Ada yang liburan ke tempat X, ada yang liburan ke tempat Y, ada juga yang ke Z. Nah loh. Yaudah kan, gue pikir nggak jadi aja ini mah jalan-jalan. Yah!

Eh (lagi), ternyata oh ternyata, hari Jumat malem, pas gue tanya kepastian jadi berangkat liburan apa enggak, temen gue ini bilang boleh-boleh aje. Terus, pas gue tanya dia sama siapa aja, dia cuma bilang ya dia sendiri. Digabung sama gue, ya jadi bedua. Gue yang waktu BBM-an itu masih di kantor, jadinya bisa browsing-browsing dikit tentang pulau yang mau gue datengin. Pengennya sih, kayak yang di awal tadi udah gue bilang. Maunya liat Pulau Harapan. Kayak apa sih itu pulau? :)

Waktu itu, temen gue ini (sebut saja onoy) bilang kalo yang bagus itu Pulau Perak sama Pantai Pasir Perawan. Yaudah, saya langsung googling sajaaah. Ternyata emang, gambar-gambar Pulau Perak yang nongol di googlesemuanya bikin mupeng abis. Terus gue kepo kan, gue googling lah cara ke sana gimana.

Dari informasi yang gue dapatkan di internet, ke Pulau Perak itu emang harus nyebrang dari Pulau Harapan dulu. Jadi, back to our first destination, ya emang ke Pulau Harapan, nggak mungkin bisa langsung nyebrang dari Muara Angke ke Pulau Perak. Informasi-informasi lain gue cari terus dan lagi dan lagi demi mensukseskan perjalanan ini, dan akhirnya gue menemukan satu hal bahwa....kalo mau nyebrang ke Pulau Seribu harus nyampe di Muara Angke jam 6 pagi (oke, I'm just kidding and saying... gue tau kok sebagian orang udah tau informasi ini)--informasi yang gue maksud adalah, untuk menyeberang ke Pulau Perak, lo harus bayar lagi dan lumayan mahal (IDR 500.000,-). Kalo berangkat rame-rame sih pasti lebih murah. Minimal nebeng-nebeng rombongan lain lah.

Oke, lanjut...

Setelah berburu informasi dan mendapatkan jawaban yang boleh-boleh aja kalo pergi, gue akhirnya siap-siapin beberapa cemilan lah buat di perjalanan. Ijin sudah dikantongi setelah berdiskusi sama mama dan bikin janji sesuatu sama mama. Terus setelahnya ya comot-comot baju ama tas buat berangkat. Sebenernya sih, masih sampe jam 12 malam di hari Jumat itu, kita masih belum pasti berangkat. Masih gambling. Kalo temen gue si onoy ini kebangun pagi-paginya, ya kita berangkat. Kalo dia nggak bangun dan bablas tidurnya sampe jam 6 lewat, ya nggak mungkin berangkat.

Gue, yang waktu itu emang pengen banget liat laut, cuma bisa berdoanya temen gue ini kagak bablas tidurnya. Cuma kalo bablas dan nggak jadi berangkat, ya apa mau dikata. Namanya hidup, jalani sajalah. Mana tau, dengan batalnya rencana jalan-jalan ini, gue bisa melakukan sesuatu yang lain yang lebih bermanfaat. Hohoho.

Pas Sabtu pagi, gue bangun jam setengah lima pagi. Gue telfon lah temen gue ini. Tiap lima menit sekali gue telfon. Tapi cuma nelfon sebanyak empat kali sih. Nggak enak juga kalo hp dia bunyi, orang rumahnya pada kebangun.

Terus-terus, menurut lo bangun nggak tuh doi? Kagak! Hehehe, yaudah tuh, di detik terakhir gue nelfon itu orang, akhirnya gue mikir, yaudah ini mah nggak jadi. Yaudah baiknya tidur lagi. Yaudah, gue ambil bantal, ambil guling, tarik selimut, siap-siap tidur lagi.

Eeeehh, baru aja gue mau mimpi, BBM di hp gue bunyi. Centing nyaring. Gue liat lah siapa yang BBM. Ternyata, yang BBM itu si temen gue alias onoy ini. Dia bilang baru bangun terus mau siap-siap. Yaudah deh, ga lama bales BBM dia, gue mandi terus tumplek-tumplekin barang masukkin ke tas gue. Terus, gue juga kudu browsing dulu di google tentang penginapan di Pulau Harapan. Because at that time, we didn't have any idea about where to stay there. Huff...

Setelah siap-siap, gue dianterin nyokap gue deh ke depan komplek tempat gue janjian sama onoy buat naksi ke Muara Angke *thank you mama muah*. Terus naksi deh kita. Taksi dari Cipondoh ke Muara Angke : Rp 103.000,-

Saran gue, kalo punya kendaraan (motor/mobil) mendingan dibawa ke Muara Angke, titipin (inepin) di sana.
Positifnya: Bisa ngurangin cost buat bayar taksi (karena itu pagi-pagi sekali, I think we need a taxi or our own vehicles atau TransJakarta if it's possible), dan juga pas lo pulang dari liburan pun, lo udah nggak usah pusing mau pulang naik kendaraan apa lagi.

Pas di jalan, itu jam udah nunjukkin jam 6 lewat, terus hampir /7, terus udah /7, dan gue udah pasrah bakalan dapet kapal buat nyebrang apa nggak.

Dan yang terjadi adalah: kita berhasil mendapatkan kapal buat nyebrang ke Pulau Harapan! And then, all I wanted (at that time) to do is praying inside the boats, wishing that we still have a chance to sleep at any homestays.

Keadaan laut pas kita mau berangkat.

May 3rd, 08.00 WIB, rencana yang ada sudah siap untuk dieksekusi.
We were on the boat.
Si random trip ini jadiii juga pada akhirnya.