Wednesday, January 30, 2013

Gogirl! edisi Januari: Realisasi untuk jadi penulis.



There can be miracles
When you believe
Who know what miracle
You can achieve
When you believe
Somehow you will
You will when you believe

(Mariah Carey- When you believe)

Suatu keajaiban dan ketidakmungkinan, mungkin aja bisa kita raih. Tapi, darimana kita tau kita bisa meraih keajaiban itu atau nggak, kalau  kita sendiri nggak pernah mencoba percaya bahwa kita bisa?

Percaya nggak percaya, kalimat di atas bisa terlintas di benak gue, setelah gue baca majalah Gogirl! edisi Januari. Kenapa? Karena kali ini, Gogirl! membahas POP WRITING ISSUE dalam setiap artikelnya. As I’ve told you before di beberapa postingan gue yang lalu, I wanna try to be a writer this year dan Gogirl! edisi kali ini membantu gue banget, bro!

Dengan berbagai macam artikel yang ada di majalah ini, gue yakin kita semua akan menjadi lebih tau dunia tulis-menulis.

Menulis non-fiksi untuk orang lain ternyata nggak semudah menulis untuk diri sendiri, itu salah satu pelajaran yang gue dapet setelah baca halaman mengenai Creative Writing. Nah, tapi untuk menyiasatinya, kita bisa belajar menulis kreatif dengan menggunakan “non-fiction formula” dari Gogirl! Ada 8 trik yang bisa dipelajari supaya kita bisa menghasilkan tulisan yang ‘WAW’.

Setelah terus-menerus latihan dan akhirnya ahli di bidang tulis-menulis, kita bisa coba-coba nih jadi kontributor untuk media. Gogirl! juga ngasih kita pertimbangan tentang plus minusnya menjadi seorang kontributor sambil sekolah atau kuliah.

Di edisi ini, banyak penulis-penulis kece yang udah duluan terkenal (we’re the next!) yang juga menyumbangkan saran buat kita-kita yang pengen jadi penulis. Ada tips dari Lily Wibisono (Editor In Chief Majalah Intisari), Anita Moran (Editor In Chief Gogirl! Magazine), plus Sitta Karina (Tau doong dia siapa???).  Salah satu saran oke dari mba Anita Moran adalah bahwa kita harus mempelajari sampe ngerti dulu tentang topik yang mau dibahas dalam tulisan kita sehingga kita bisa menjawab pertanyaan pembaca melalui tulisan kita.

Terkadang, dalam menulis pun kita akan bingung mengenai topik apa yang cocok untuk kita bahas. Nah, Gogirl! juga punya jawaban buat kebingungan kita itu. Ikutin aja kuis ‘Your Writing fields’! Di akhir kuis ini, kita bisa menemukan topik apa yang kira-kira pas buat kita bahas dalam tulisan kita. Kalau gue sih cocoknya lebih ke tulisan feature. Kalau lo? 

Seperti yang kita tahu, banyak banget bentuk tulisan yang bisa kita hasilkan. Mulai dari cerita pendek, novel, biografi, kumpulan puisi, kumpulan tips, sampai kumpulan gombalan oke! Tentunya, tulisan oke yang kita hasilkan nggak akan kita kurung di dalam laptop/PC kita aja dong? Yap! We have to publish our creation. Caranya? Gampang! Gogirl! kasih kita tiga cara berikut kekurangan dan kelebihan dari masing-masing cara. Kita bisa menerbitkan karya kita melalui cara Indie Publishing, ‘E’Way, atau Print on Demand. Tulisan kita akhirnya nggak akan sia-sia deh!

Selain diterbitkan, pengen juga dong karya yang dihasilkan bisa jadi Best-selling book? Gue tau nih tips-tipsnya dari Mbak Windy Ariestanty (Pemimpin Redaksi GagasMedia), Mbak Siska Yuanita (Editor Fiksi Gramedia Pustaka Utama), dan Mbak Dila Maretihaq Sari (Editor Bentang Belia). Kalau kita bisa ngejalanin tips-tips dari mereka, mudah-mudahan, buku hasil karya kita bisa laris manis di pasaran. Amiiiin. Hehe.

Gogirl! juga nggak lupa buat ngasih bocoran ke kita tentang jenis buku apa sih yang akan laris di tahun 2013 ini, selain itu, ada juga tips yang paling kita butuhkan setelah tulisan kita jadi, yakni TIPS untuk mengirimkan karya kita ke penerbit yang udah terkenal.


Bulan ini, Gogirl! bener-bener membuat gue percaya kalau miracle itu pasti ada. Gue tinggal ikutin saran-sarannya, tips-tipsnya, dan yaaaaaaa sekarang gue siap buat mulai menulis! Yeay!

2 comments:

  1. baca yg ini jadi punya panduan buat jadi penulis feature or berita yang baik :') hehe

    ReplyDelete

Thanks for leaving a comment :)