Friday, November 28, 2014

Santap Kuah di Boiling Pot Pesanggrahan

Bahagia itu sederhana. Sesederhana menikmati makanan di tempat makan dekat kantor, untuk  yang terakhir kalinya, bersama kolega tersayang.

Boiling Pot. Itulah nama tempat makan yang saya dan kedua orang teman kantor saya singgahi hari Rabu lalu. Dengan rencana yang dibuat 5 menit sebelum mengunci kantor, kami akhirnya memutuskan ke sana untuk memburu makanan berkuah yang nikmat selagi hangat. Maklum, musim hujan.

Tempatnya tidak terlalu besar, karena memang hanya mengambil satu lantai dari sebuah ruko di kawasan Pesanggrahan, Jakarta Barat. Meskipun begitu, tempat duduk yang disediakan cukup banyak dan cukup nyaman untuk berlama-lama.




Menu yang disediakan tidak terlalu banyak. Untuk itu, jangan heran jika buku menunya tidak terlampau besar atau tebal. Eits, jangan kecewa dulu. Meskipun nggak banyak pilihan, tapi menu yang ada sudah cukup untuk membuat saya ngeces. Ya, nggak ngeces beneran sih akhirnya.

Berhubung sedari awal saya ingin mencicipi menu yang berkuah, pilihan saya akhirnya jatuh pada 'make your own soup' menu. Wah, apa tuh? Hmm jadi, di Boiling Pot ini, ada sebuah opsi di mana kita diijinkan untuk meracik makanan kita sendiri.

Pertama-tama, saya memilih rasa kuah-nya terlebih dahulu. Dari beberapa rasa (kaldu, miso, tom yum, dsb.), saya memutuskan untuk memilih kuah tom yum. Untuk pilihan kuah ini, kita dikenakan biaya IDR 5,000. Kemudian, saya lanjut memilih-milih isi dari soup saya. Isi yang ditawarkan cukup beragam. Ada bakso sapi, bakso ikan, fillet ayam, udang, beef enoki, sawi putih, berbagai macam jamur, ikan dory, dan masih ada sekitar belasan pilihan lainnya. Untuk isi, saya memilih ikan dory (IDR 12,000) lalu shitake stuffed chicken (IDR 12,000) dan fillet ayam (IDR 15,000). Sentuhan terakhir adalah tambahan makanan berkarbo-nya. Ada nasi, udon, dan ramen. Saya dan rekan saya selanjutnya menetapkan udon sebagai pilihan (IDR 8,000).

Mine!
Rasa dari menu hasil racikan saya ini cukup enak, gurih dan sedap. Akan tetapi, jika dikaitkan dengan ciri khas Tom Yum, kuah ini nggak "Tom Yum-Tom Yum" banget. Asam dan pedasnya kurang terasa dan kurang membuat mata saya 'micing'. Jadi, hanya sekadar enak, tapi tidak terlalu Tom Yum, meskipun ada sedikit efek 'segar'nya.

Untuk isinya, jumlah ikan dory, fillet ayam, dan shitake stuffed chickennya cukup banyak.   Udonnya juga. Makan 1/2 porsi saja sudah membuat perut saya kekenyangan. Sepertinya Boiling Pot nggak pelit dan saya rasa cukup worth it.

Selain menu racikan sendiri, rekan saya juga memesan satu menu lainnya yang turut dibagi dua. Namanya 'Spicy Mala' (IDR 52,000), semangkuk szechuan traditional hotsoup consist of Sichuanese peppercorn and various traditional herbs. Isinya ada sapi potong, bakso ikan, crabstick, pangsit udang, sawi putih, pakcoy, tahu putih, soun, kembang tahu, enoki, simeji, tomat, telur ayam, dan green onion. Mmm, banyak ya isinya.
Yang ini juga sama, enak dan gurih kuahnya. Isinya lengkap dan enak juga. Tapi, kurang pedas kuahnya. Jadi, harus ditambahin bumbu-bumbu sendiri sesuai selera.






Untuk perbumbuan, kita diberikan tiga bumbu termasuk sambal, yakni sweet chili, hot chili, dan garlic soy. Bumbu-bumbu ini dapat ditambahkan sesuai selera.

FYI, yang biru itu spiritus gel.
Selain menu kuah-kuahan, di Boiling Pot ini juga ada appetizers yang berkisar dari IDR 19,000 - 28,000. Beberapa menu appetizers yang ditawarkan adalah jamur crispy, ayam crispy, labu crispy, dan lumpia sayur.

Menu Ala Carte juga ada. Beberapa menu yang direkomendasikan terdiri atas Mongolian Chicken, Ayam Kung Pao, dan Udang Telur Asin. Menu sayuran yang diunggulkan adalah Daun Ubi Tumis Ebi dan Homemade Tofu.


Kalau tidak ingin makan nasi dengan lauk, kalian dapat memesan Mie Goreng Boiling Pot dan Nasi Goreng Spesial yang jadi juara di Boiling Pot (chef recommended).


Minuman yang kami pesan kemarin ada Honey Lemon Aloe (IDR 19,000), Green Mojito (IDR 24,000), dan Black Tea (IDR 8,000)

Green Mojito
Secara keseluruhan, makanan di Boiling Pot ini enak dan mengenyangkan. Hanya saja, bumbu yang diberikan kurang pas dengan nama menunya. Kurang asam dan kurang pedas untuk Tom Yum, serta kurang pedas untuk Spicy Mala. Kuahnya tidak terlalu berminyak, sehingga nggak membuat kita takut gendut. Asal jangan ditambah dengan menu gorengan ya...

Boiling Pot
Jalan Pesanggrahan Raya 168H, Kembangan - Jakarta Barat
Tel: 021 58303174
FB: Boiling Pot Restaurant
Instagram: @boilingpotid
www.boiling-pot.com

1 comment:

  1. Mau cari Kemasan Makanan untuk makanan yang berkuah ataupun berminyak?
    Dijamin anti ngompol dan bocor. Selengkapnya dapat Anda baca di sini.

    ReplyDelete

Thanks for leaving a comment :)