Tuesday, May 14, 2013

mari berjelajah musik sana-sini.

Berkesempatan hadir dan menyaksikan beberapa acara musik yang seru dan kece, buat gue adalah sebuah hiburan di tengah kejenuhan dan kepenatan.

Kalau mau ditelisik ulang, ada beberapa acara yang gue tonton sejak akhir bulan Maret sampai tanggal 12 Mei 2013 kemarin.
Kalau dipikir-pikir ya, mungkin gue agak terlihat sedikit rakus dan buang-buang uang. Tapi, gue nggak nyesel kok, secara beberapa acara juga gratis (abis di uang makannya sih emang), dan lebih nggak nyesel lagi karena semua musisi yang gue tonton memberikan gue senyuman puas. Yeaaay!

Oke, di postingan ini, gue coba mengurutkan acara apa aja yang mengisi kalender gue belakangan ini sekalian membangkitkan memori dan menuliskan penjelajahan musik yang gue jalanin dari Maret - Mei 2013. Mungkin nggak terlalu banyak kalau dibandingin sama penggila musik lainnya, tapi cukuplah untuk sekedar membuat cerita.

Let's start!

1. 3rd Music Gallery by BSO BAND FE UI

sumber: http://majalahouch.com/newversion/wp-content/uploads/2013/03/Event3.jpg
Acara ini diadakan tanggal 23 Maret 2013 di Upper Room ANNEX BUILDING Jakarta. Nah, untuk nonton acara ini, untung banget-bangetan karena gue dapat tiket gratis. Hehe, karena acara ini kerja sama media partner dengan RTC UI FM, jadi ada tiket gratis buat para kolega. Lumayan, bisa hemat.

Tahun lalu juga sebenarnya ada acara 2nd Music Gallery. Gue berkesempatan nonton juga waktu itu. Karena acaranya kece dan venue-nya oke, jadi gue memutuskan buat dateng lagi di 3rd Music Gallery ini.

Line-up artistnya keren-keren juga.
Sayangnya karena hujan dan ada sedikit kendala pas hari H, jadinya gue baru bisa sampe di tempatnya setelah maghrib, jadi udah agak malem begitu. Makanya, gue cuma bisa liat beberapa artist aja. Hehe.

Pas gue dateng waktu itu, yang lagi perform ternyata Payung Teduh, seneng akhirnya bisa ngeliat mereka manggung untuk yang pertama kalinya. Hehe. Soalnya, sebelum-sebelumnya nggak pernah jadi mau nonton mereka. Setelah Payung Teduh, yang gue tonton itu ada Rumah Sakit (nggak begitu tau juga lagunya, hehe), lalu The Adams, dan Efek Rumah Kaca. 

Sebenernya, acara ini ada dua stages. Di luar Upper Room ada juga satu stage lagi. Tapi, gue nggak nonton yang di luarnya. Sempet liat sebentar banget aja.

Acara ini keren dan memuaskan banget! Haha, tadinya sih berharap ada WSATCC juga kayak tahun lalu, tapi ternyata nggak ada. But, it's okay. Setidaknya, di acara ini gue dapat kesempatan buat nonton band-band yang nggak kalah kece, kayak Payung Teduh, The Adams, Rumah Sakit, dan Efek Rumah Kaca. Yeay, syenaaang!

2. SINOFEST XII by IMSI FIB UI.

sumber: http://seputarkampus.com/wp-content/uploads/2013/04/0426-Sinofest-XII-l-SeputarKampus-648x495.jpg
Naaaah, ada lagi satu acara kece yang gue tonton. SINOFEST XII. Sebenernya sih, kalo boleh jujur, gue nggak ngikutin acara ini dari hari pertama. Gue cuma nonton Final Lomba Karaoke di hari ketiga, karena temen gue jadi salah satu peserta, dan nonton closing ceremonynya yang ngundang Hamba Allah, KAROLINA, dan SHEILA ON 7! IHIIY! Acara ini berlangsung dari 24-26 April 2013.

Kalau acara ini sih, gue bayar. Gue beli tiket presale yang kedua, seharga 20.000. Worth-it banget ketika dengan 20.000, gue bisa nonton Sheila on 7.

BAHAGIA ITU SEDERHANA ya. Hehe.

Setelah nonton final lomba karaoke, gue kesana kemari dulu sama temen-temen gue. Makan. Dan bersantai ria dulu. Nah, kita dateng lagi ke tempat acaranya di deket FIB UI kira-kira jam 7 malem. 

Sebelum 3 band yang gue tunggu-tunggu itu naik panggung, sebenernya ada juga band-band lainnya yang manggung duluan, tapi gue nggak dapet kesempatan nonton karena satu dan lain hal, hehe.

Akhirnya gue baru mendekat ke panggung itu pas Karolina main. Dia bawain sebuah lagu dari The Beatles, lalu lagu mereka sendiri. Asik banget liat aksi panggung mereka. Cepetan keluar deh ya albumnya, KAROLINA!

Setelah KAROLINA, ada HAMBA ALLAH. Band anak FIB juga! Haha, mereka nggak kalah asoy bawain lagunya. Adalah mereka nyanyiin lagu Diamond-Rihanna yang diremix jadi lucu banget. Terus lagunya CherryBelle yang diganti-ganti liriknya jadi tema mahasiswa tingkat akhir yang mau wisuda. Asli, kocak dan bikin ngakak! HAHAHA. Terakhir, mereka bawain KMSJ (KELUARGA MAHASISWA SASTRA JAYA). Bangganyaa jadi anak FIB. Hehe. 

TERAKHIR, SO7! Sebelum ini, gue pernah nonton mereka entah sekali atau dua kali *lupa pastinya berapa. Tapi yang jelas dan selalu gw inget, pembawaan mereka di panggung selalu oke beraaaatt!!! Lagu-lagu yang mereka bawain ya lagu-lagu jamannya gw masih SD kali.

Malam itu, mereka bawain 14 LAGU. Ada Pria Kesepian, Sahabat Sejati, Seberapa Pantas, Dan, Kita, Bila Kau tak Di Sampingku, Yang Terlewatkan, Hujan Turun, Betapa, Hari Bersamanya, Sebuah Kisah Klasik untuk Masa Depan, Pemuja Rahasia, Melompat Lebih Tinggi, dan Sekali Lagi. (Gila ampe gw catet). Haha. Seneng banget malem itu nonton Sheila. Kangen masa-masa masih piyik nggak kenal apa maksud dari lagu-lagu mereka, yang gw tau itu cuma lagu tentang cinta yang dinyanyiin asik banget. Tapi, ada juga sih lagu-lagu yang pas gw udah SMA kayak Hari Bersamanya. Rindu nonton sheila on 7 lagi! *FYI, katanya sih, SO7 di SINOFEST XII kemarin itu adalah pertama kalinya sheila on 7 manggung di UI. Wohoo, thank you buat IMSI FIB UI!

3. HOPLA 3: TRIBUTE TO MAS DEKUN.

sumber: http://sphotos-g.ak.fbcdn.net/hphotos-ak-ash4/247476_285420371592827_574960769_n.jpg

Awalnya, nonton acara ini karena mau liat Payung Teduh-nya aja.
Dan, nggak tau sebenarnya HOPLA itu acara apa. Ternyata, setelah gue cari tau, acara ini didedikasikan buat mas DeKun (Dedi Kuncoro) yang meninggal setahun lalu. Beliau itu orang yang berjasa dan akan selalu diingat sama warga FIB. Jujur, gue nggak se-kenal itu sama beliau. Tapi, gue liat kalo beliau itu orang yang dihormati dan disayang banget sama anak-anak FIB. Hehe.

Ternyata, di acara HOPLA yang diadain hari Jumat, 3 Mei 2013 ini, ada 14 band berbeda yang akan tampil. Yang gue tau sih cuma Payung Teduh, Karolina, Hamba Allah aja. Yang lainnya, gue nggak begitu tau. Tapi, gue bilang waktu itu sama temen nonton gue, kalo gue mau nonton dari band pertama tampil. Alhasil, jam 4 sore, gue sama temen gue udah nangkring di Kansas, milih spot enak buat nonton acara ini. Oiya, acara ini lagi-lagi gratis. Hehe.

Band-band yang awal-awal manggung kebanyakan cuma bawain 3 lagu. Sampe band-band yang agak-agak terakhir manggungnya mulai bawain lebih dari 3 lagu. Rata-rata lagunya asik-asik banget buat dinikmatin. Hehe.

Jam 11 atau jam 12an (lupa tepatnya), Payung Teduh akhirnya tampil juga. Yeap, they're the last! Dia bawain banyak lagu yaaaang, aaaah mendayu-dayu sendu tapi bikin nyandu. Yang paling gue seneng sih, dia bawain lagu yang judulnya Mari Bercerita. Bukan duet sama Icha sih, tapi tetep keren :) hehe.

Pulang jam 1 atau jam 1.30 gitu, dengan senyum terkembang dan hati senang. Seru banget!

4. GoGreenovation 2013.

sumber: http://www.kompaskampus.com/Portals/2/EasyDNNNews/208/600600p777EDNmain030513_Campus%20Competition_3x270mmkfc_reguler.jpg
Sebenernya, nggak tau kalo acara ini ada, sampe seorang temen ngasih tau, dan BM-BM di BBM serta WhatsApp menginfokan. Mata sih pertama kali tertuju pada Endah N Rhesa, tapi ternyata ada Hamba Allah lagi. Nagih sih liat kekompakkan dan kekocakkan mereka (Hamba Allah).

Pas liat tanggalnya, ternyata hari Rabu, 8 Mei 2013. Gabut sih. Haha, abis nyari temen nonton, dan tau kalo nggak bakal sendiri, akhirnya, cuss nonton!

Acara ini sebenernya berlangsung dari tanggal 7 Mei, tapi karena ada kelas, dan juga malas, jadinya nggak ikut acara-acara oke pas tanggal 7 itu. Seminar-seminarnya oke juga kok topik-topik yang dibahas, tapi ya itu tadi, keburu males duluan. Hehe.

Tanggal 8 Mei, di Taman Lingkar Perpustakaan Pusat UI, gue sama temen gue menunggu-nunggu Endah N Rhesa. Tapi, sebelumnya ada The Apertunes yang manggung. Mereka bawain lagu-lagu yang udah terkenal, tapi suara mereka bagus. Nggak bikin bete deh jadinya. Setelah itu, ada Hamba Allah deh ya! Gila, ini ketiga kalinya gue nonton mereka dalam kurun waktu yang berdekatan. Haha. Mereka ini selalu pol-polan kalo manggung. Kostumnya pasti beda-beda. Pas di SINOFEST, kostum mereka yang ala-ala cina gitu. Pas di HOPLA, kostum mereka beda lagi. Pas di acara Greenovation ini, kostum mereka dibuat sesederhana mungkin. Haha. 

Terakhir, Endah N Rhesa! Ini juga bukan yang pertama kalinya nonton mereka. Tapi, berhubung mereka baru ngeluarin album, jadinya pengen nyaksiin mereka bawain lagu-lagu dari album barunya. Seperti biasa, mereka selalu romantis ya ketika manggung. Bikin mupeng! Haha.

Suara Endah itu unik banget. Keren juga pas liat dia main gitar. Iiihhh, pengen!
Lagu yang dibawain lumayan banyak. Mereka juga menghibur telinga penontonnya dengan petikan-petikan gitar yang *I don't know how to explain that.

Mereka main gitar berdua juga. Dan yang paling pecah, ketika mereka bawain lagu andalannya, When You Love Someone. Kalo gw masih boleh menggunakan kata-kata "Demi Apapun", gw mau banget ngomong "DEMI APAPUN, MEREKA KEREN, BAGUS DAN ROMANTIS BANGEEEET, BIKIN IRIIII!!!" Haha.

Akhirnya setelah menggalau-galau dan tersenyum-senyum liat perform mereka, acara usai dan gw pulang. Haha.

5. LABSPROJECT 2013 by LABSCHOOL JAKARTA: ARTVENTURE.

sumber: https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhLtCzTK5hZMP9ir-1oNIIuZh5Odil393jta8hc2tVgjiYXdcTZVv75C0pGtHAzcdgixYQAbh5aSvfsn26ll3srvIVUMAz0yUTQ-9N9nknvRIN1kckCMstyuAw4uU33ZevhAIvRXojV_zcU/s1600/labs+project+2013.jpg
Hahaha, gw masih mau loh nonton PENSI! Udah tahun ketiga kuliah, masih aja ya nonton PENSI. Sebenernya, kenapa gw mau nonton acara ini soalnya, pertama, ada THE SIGITnya dan kedua, ini acara punya cerita tersendiri. Hehe.

Dengan bayar tiket 43.000, ini kali keempat gw nonton LABSPROJECT dihitung dari tahun 2010. Dari tahun 2010-2012, yang ditonton juga THE SIGIT. Betah banget ya THE SIGIT di Labsproject, haha, tapi nggak apa-apa deh yaaa. Dari tahun 2010-2012, nontonnya juga sama orang yang sama, makanya ketika itu orang udah nggak bisa diajak nonton lagi di tahun 2013 ini, susah banget nyari temen nontonnya. Bisa dibilang, perjuangan banget biar tetep nonton acara ini.

Eh, emang dasar semesta ngijinin buat nonton, gw berhasil ngajak seorang temen buat nonton! Ya, akhirnya, berangkat lah gw ke acara anak SMA ini di tahun ketiga gw kuliah. *eh. hehe.

Tanggal 11 Mei 2013, di ISTORA SENAYAN, gw nyampe di sana sekitar jam setengah 7-an gitu kalo nggak salah. Beli tiket dulu. Lalu makan dulu. Pas mau masuk, eh temen gw sadar kunci motornya kayaknya ketinggalan. Yaudah, cari kunci motor dulu deh dia, terus gw nunggu di dalem. Pas udah ketemu kuncinya, yaudah masuk deh ke dalem.

Pas masuk Istora, yang kepikiran adalah "gila ya, udah tahun keempat, gw nonton acara yang sama, di tempat yang sama, dan nunggu artis yang sama". Setia juga ya gw sama ini acara, padahal dulu juga awal-awal tau acara ini karena diajak. 

Waktu itu, ada performance perkusi dari anak-anak Labschoolnya. Terus ada dance juga. Boleh dibilang, penampilannya keren! Hehe. Kangen SMA. :')

Terus abis itu, gw nonton Guest Starnya mulai dari DEADSQUAD. Pas DEADSQUAD, gw duduk aja gitu di atas, abis nggak minat turun buat nonton. Hehe, nggak ngerti dan belum bisa menikmati aja musiknya. Dari atas, ngeliatin penonton pada mosing aja gw.

Next, ada SARASVATI. Musiknya bisa dinikmati dan asik. Tapi, ada kesan-kesan sedikit horor mistis-mistis gitu. Hehe, pas nonton SARASVATI juga gw masih duduk di atas, nggak mau turun.

Abis SARASVATI gw turun deh, soalnya TANGGA yang perform. Nah, performance-nya dia itu penetralisir suasana, soalnya ya rata-rata sih orang tau TANGGA ya. Dia bawain 5 lagu, salah satunya ada lagu SEPIA yang dipopulerin sama SO7 dulu. Asik juga sih dibawain sama mereka. Hehe. Suara Kamga penghibur telinga banget.

Setelah TANGGA, akhirnya THE SIGIT tampil jugaaa!!! Senaaang!
Dia bawain 7 lagu. 3 lagu dari album terbaru mereka. Sayang, lagu Black Amplifier nggak dibawain. Padahal kan itu pecah banget! Hehe, cuma suka banget aja liat mereka tampil. Terobati kangennya.

Setelah THE SIGIT, masih ada ANGGER DIMAS, tapi gue nggak nonton lagi. Soalnya, udah capek berdiri, dan nggak enak juga sama temen gw. Yaudahlah ya, nggak terlalu suka juga DJ-DJ gitu. Hehe.

THANK YOU LABSPROJECT 2013!

6. LA LIGHT TERUSIK TRAXKUSTIK MAY 2013 by 101.4 traXfm Jakarta.

sumber: http://sphotos-b.ak.fbcdn.net/hphotos-ak-ash3/181425_544777332240124_1969242333_n.jpg
Terakhir, yang gw tonton adalah LA LIGHT TERUSIK TRAXKUSTIK!
Setelah berbelas-belas, bahkan berpuluh-puluh Terusik Traxkustik yang gw lewatkan, akhirnya Minggu 12 Mei 2013 kemaren, gw berhasil nonton Terusik Traxkustik untuk yang pertama kalinya. *prokprokprok. Hehe *norak ya? maaf ya.

Karena dresscodenya dasi, akhirnya ribet-ribetan sebelum acara hanyalah ribet-ribetan mencari dasi. Haha, akhirnya sih dapet pinjeman dasi dari seorang teman yang juga ikut nonton.

Yang gue tunggu dari acara ini adalah Adhitia Sofyan dan Maliq & d'Essentials. Tapi, kemaren gw punya kesempatan buat nonton dari pas Petra Sihombing tampil. Sedangkan, gw nggak sempet nonton SUNDAY. Penasaran, cuma kemaren belum dikasih ijin sama semesta buat nonton mereka. Hehe.

Petra Sihombing, hemm, lagunya galau-galau semua. Haha. Tapi musiknya oke, easy listening banget. Suka!
Adhitia Sofyan, uwa uwaaaaaaaaaa akhirnya bisa nonton dia untuk yang pertama kalinya! Syenaaang! Yang paling gw suka ketika dia bawain The Stalker. Hahaha. Dan akhirnya, dia akhiri penampilannya dengan Adelaide Sky. Lagu andalan. 
Maliq & d'Essentials, pecah banget sih! Hacep -kalo kata seorang temen-. Dia bawain banyak banget lagu yang udah familiar, maupun lagu-lagu dari album terbaru mereka. Tapi tetep aja, meskipun ga semua lagu-lagu dari album baru mereka gw afal, tapi tetep aja berhasil bikin joget-joget, goyang-goyang, dan lompat-lompat sok asik sok kece gitu! Hahaha. Tapi, seriusan asik banget emang! Dia bawain "Pilihanku", "Untitled", "Setapak Sriwedari", "Menari", daaaaaaaaaaaaaaaan masih banyak lagi!!! Ada lagi "Drama Romantika" yang bikin kita joget-joget dangdut gitu.

TerusikTraxkustik kemaren berhasil bikin senyum-senyum (lagi) dan usai sudahlah jelajah-jelajah musik ini untuk sementara waktu, senang :)

Sebenernya sih selain itu, pengen nonton satu acara lagi dari ATAMERICA tanggal 9 Mei 2013 kemaren pas libur, tapi berhubung gw nggak bisa karena mau pergi ke luar kota, akhirnya batal deh nonton acara itu. Padahal ada FLOAT PROJECT dan ADHITIA SOFYAN. Yaaaaa, setidak-tidaknya, Adhitia Sofyan bisa gue liat pas acara Terusik Traxkustik kemarenlah tapi yaaa. :D

6 acara! Puas banget puas! Makasih yaaa buat semua yang menemani dan mengajak dan menyelenggarakan! Yeaaaaaaaaaaaaaay...

No comments:

Post a Comment

Thanks for leaving a comment :)