Friday, June 13, 2014

Sinou Kaffee Hausen: Find the Best Cordon Bleu in Town.

Minggu, 1 Juni 2014.

Oma bilang, di SINOU, Cordon Bleunya paling enak. So, hari Minggu kemarin kita LateLunch - EarlyDinner-nya di sini. Oma gue udah beberapa kali menyampaikan keinginannya itu ke gue, sehingga, pas waktunya lagi ada, ya gue sama mama bawa Oma Opa ke sana.

Jujur, kunjungan ini adalah kunjungan yang ketiga kalinya di Sinou Kaffee Hausen. Dua kali sebelumnya pas gue ke sini, ada aja kendalanya buat nyari bahan tulisan di blog (seperti misalnya, gue nggak bisa ambil foto karena hp mati dan lain-lain.)

Akhirnya, di kunjungan ketiga ini, gue bisa nulis juga apa yang ingin gue rekomendasikan.

Pertama kali tau Sinou Kaffee Hausen itu ketika awal-awal gue masuk kuliah, which is itu tahun 2010 atau tahun 2011. Saat itu, gue belum berkesempatan langsung ke Sinou sehingga harus menunggu beberapa lama untuk nyoba makan di sini. Pertama kali ke sini, itu pas gue lagi nggak sengaja nyasar ke daerah Panglima Polim. Tiba-tiba ketemu Sinou, yaudah kebetulan juga kan udah lama ingin mencoba.

Setiap gue berkunjung ke Sinou, suasanannya selalu sepi dan tidak banyak pengunjung. Mungkin karena gue biasanya mengunjungi Sinou sekitar pukul dua atau tiga siang, jadi sudah bukan lagi jam makan siang.

Sinou Kaffee ini memiliki desain interior yang menarik. Gue sulit menebak konsep apa yang ingin dibawa. Retro klasik mungkin. Di depan pintu masuk Sinou Kaffee ini, kita bisa melihat vespa antik warna kuning. Kemudian, ornamen-ornamen di dalam Sinou Kaffee Hausen ini juga lebih ke barang-barang antik atau kuno-kuno klasik begitu. Pencahayaannya tidak begitu terang, melainkan cukup redup. Cukup nyaman, namun lagi-lagi untuk foto agak kesulitan karena terkesan remang-remang.


Vespa kuning Eye Catching
Karena kemarin gue mengunjungi tempat ini sama Oma Opa dan Mama, akhirnya kita memesan 1 Appetizer, 3 Main Course, dan 4 Drinks.
Here they are, the reviews!


1. Chicken Cordon Bleu (IDR 53)
Cordon Bleu -seperti yang sempat gue jelaskan di post terdahulu- adalah filet ayam yang digulung bersama ham dan keju, biasanya berbentuk tebal agak lonjong dan digoreng dilapisi tepung.




Soal ukuran, Cordon Bleu di Sinou cukup besar dan padat banget dagingnya. That's why, Opa Oma gue cukup memesan satu porsi untuk bagi dua. Gue sendiri nggak pernah memesan Cordon Bleu di Sinou, cuma minta sepotong-potong sama Oma Opa, hehe. Rasanya enak banget sih emang. Ayamnya nggak hambar. Keju dan hamnya berasa. Terus karena disertai Mayonnaise juga, jadi makin lengkap deh makan Cordon Bleunya ini.

Karena Oma Opa gue terus-terusan makan Cordon Bleu kalau ke sini, makanya Oma Opa gue lebih tau sensasinya kalau menikmati Cordon Bleunya dalam porsi yang pas. Kalau gue kan icip-icip aja. Hehe.

2. Fish and Chips (IDR 53)
Fish and Chips juga sebenarnya menu yang bisa kita jumpai di mana saja. Umumnya, merupakan filet ikan goreng tepung (biasanya ikan Dory), kemudian disajikan bersama kentang goreng dan dikasih mayonnaise juga.



Nah, Fish and Chips di sini rasanya cukup standar. Enak banget juga nggak, nggak enak juga nggak. Filet ikan di sini terkesan lembut, bumbunya pas kalau kata nyokap gue, dan teksturnya renyah dan -krenyes-.

Kalau ukuran sih, pas buat satu orang dan dijamin kenyang. Tapi, nggak kekenyangan juga. Buktinya, nyokap gue masih muat makan yang lain. Hehe.

3. Spaghetti Marinara (IDR 49)
Spaghetti yang dilumuri saus berwarna merah ini memiliki rasa asam-manis yang dominan. Isinya ada seafood (cumi - udang) dan ukurannya (juga) pas buat satu orang.


Karena saus spaghettinya cukup banyak dan memang terasa sekali rasa asam-tomatnya, gue rasa spaghetti ini kurang pas sama lidah-lidah yang nggak suka asam.

Kalau nggak pas sama rasa asam-tomat di pilihan spaghetti yang ini, banyak spaghetti pilihan lain kok yang (mungkin) enak-enak. Hehe.

Oiya, kalau suka keju, di Sinou ini kita bisa minta keju parmesan tambahan. Free. Gue sih kemarin minta itu buat ditaburi di atas spaghettinya. Jadi ada rasa asam-tomat plus rasa kejunya. Enak!

4. Mayo Cheese Fries (IDR 36)

Menu ini harusnya sih jadi Appetizer, cuma karena kita maunya isi perut pakai yang kenyang-kenyang dulu, jadinya si kentang goreng ini kita makan belakangan.



Namanya kentang goreng, apalagi kalau punya tekstur yang renyah tapi isinya ga kering, itu enak banget. Nah di menu ini, kentang gorengnya kan enak, terus ditambahin keju parmesan, ditambahin mayonnaise, dan dilapisi sama keju di atasnya. No need to describe the taste-lah. Enak. FYI, mayonnaise sama keju parmesannya itu langsung dicampur di kentangnya dan lelehan kejunya cukup banyak. Hmm.

5. Green Tea Latte (IDR 35)
Masuk ke jenis minuman, Green Tea Latte-nya sih pada dasarnya enak. Susunya terasa dan green tea-nya juga. Cuma, minuman ini terlalu encer. Jadi gue kurang suka.

6. Ice Oreo Choco Caramel (IDR 35)
Nah, kalau yang ini enak. Oreonya terasa. Coklatnya juga. Caramelnya apalagi. Dan nggak encer minumannya. Rasanya manis-manis pahit gitu. Mungkin, ada campuran kopinya, tapi gue nggak konfirmasi lagi bener/nggak. Kata nyokap, mungkin pahit itu berasa dari oreonya.

7. Ice Tea (IDR 27)
Standar es teh biasa. Terpisah sama gula cairnya.
Ice Oreo Choco Car - Ice Tea - Green Tea

Overall, suasana Sinou Kaffee Hausen ini enak dan nyaman. Rasa makanannya juga enak. Dan untuk varian menu, selain Main Course yang gue pesen, ada makanan lain yang manis-manis seperti Pancake. Salad juga ada.

Kekurangannya terletak pada harga. Kurang merakyat memang. Hehe. Cuma untuk Cordon Bleu dan Fish and Chips-nya masih bisa dimaklumi karena worth it ya. Kalau untuk Spaghetti dan minuman-minuman yang gue pesen, it seems pricy.

Tapi, memang harus dipahami, lokasinya aja di PangPol. South Jakarta broo. Jadi, ya rata-rata harganya segituan juga.

Kalau memang penasaran sama Cordon Bleu yang menurut Oma gue paling enak ini, yuk mari mampir :)


Sinou Kaffee Hausen

Jalan Panglima Polim V No. 26
Jakarta, Indonesia 12190
021 7258 568
sinou_kaffee@yahoo.com
Twitter: @SinouCoffee
Facebook: https://www.facebook.com/SinouKaffee


-NEW UPDATE!-
Akhirnya, untuk keempat kalinya gue ke Sinou lagi. Ketemu sama admin Twitter-nya yang baca review gue dan really appreciate itGot free sesuatu juga, ihiy asik!

Kali ini, ada satu menu baru yang gue cobain di sini. MIE JAWA (IDR 49). Kenapa mesen ini? Soalnya lagi nggak pengen makan yang ala bule-bule gitu. Hehe.

Mie Jawa!
Mie Jawanya gue minta yang goreng, tanpa kol dan pedas. Yang rebus juga sebenarnya ada. 

Bentuk mi-nya kayak spaghetti gitu. Halus teksturnya. Rasanya biasa aja kalau belum ditambahin bumbu-bumbu lain. Satu porsi Mie Jawa ini akan ditemani oleh jeruk nipis, sambal, dan kecap manis. Nah, lo bisa berkreasi sendiri deh nih dengan menggunakan bumbu-bumbu ini.

Gue sendiri, menambahkan kecap manis sama sambalnya. Tenang, nggak terlalu pedas kok sambalnya! Jeruk nipis gue kasih sebanyak-banyaknya biar segerrr. Karena ada tomat juga, jadi tambah seger dan JAWA banget juga jadinyaaa. Makan mi-nya enak soalnya teksturnya bule (mirip spaghetti) rasane Jowo. Boleh lah buat variasi sekali-kali.
*ps: harga cukup tinggi, jadi sekali-sekali aja nyobain yang ini* :) 

Untuk minuman, gue pesen Mango Milk Shake (IDR 33). Milk Shake di Sinou rasanya smooth dan nggak terlalu manis. Gue suka! Gue inget, dulu pernah pesen Banana Milk Shake, dan enak juga. Milk Shake di sini emang menurut gue lumayan juara. Nggak kemanisan, plus susunya terasa! Kalau nggak mau makan berat, bisa mesen minuman ini aja. :)

Karena pas di sini ada debat Capres dan gue sama mama opa oma mau nonton inian, akhirnya, gue memesan satu minuman lagi, yakni Iced Hazelnut Latte (IDR 34). Rasanya standar es kopi susu biasa, tapiiiii, ada hazelnutnya. Untuk yang ini, so soryy, gue nggak begitu suka, hehe. Pertama, gue hanya cocok dengan rasa kopi (maupun variasi kopi lain) tertentu. Kedua, sirup hazelnutnya nggak terlalu berasa :(.

Sekian update review-nya, semoga bermanfaat!

SINOU KAFFEE HAUSEN, LOVE THIS PLACE!

1 comment:

  1. Sinou Kaffee Hausen & EateryJuly 1, 2015 at 3:36 PM

    kapan mau berkunjung ke Sinou Kaffee Hausen Panglima Polim lagi?

    ReplyDelete

Thanks for leaving a comment :)