Monday, August 12, 2013

5 Agustus - 11 Agustus 2013. Random Java Trip. (Part II)

Hari III: Kamis, 8 Agustus 2013.
Sarapan pemandangan Bromo, dinner santai di kota Batu.

Nah, mulai deh cerita wisata ke kawasan Bromonya.
Jadi, di hari Kamis dini hari, kita semua dibangunin jam 3 pagi. Dari malam sebelumnya, kita udah nyewa JIP buat wisata hari Kamis-nya. Kita akan berwisata ke 4 tempat.

1. Liat SunRise/ Matahari Terbit dari Penanjakan.

Deket gunung Bromo, yang (katanya) namanya Penanjakan, kita semua bisa nunggu buat lihat matahari terbit. Pas gue ke sana kemaren sih, tempat ini rame banget. Pada rela nungguin dari jam 5 bahkan jam 4 pagi buat ngeliat sunrise yang katanya tercantik ini. Ada bule-bule juga, dan ada bule dari Prancis! Coba gue nekat dikit, atau sok-sok SKSD gitu, hmm, ngobrol kali gue ama tuh bule. *eaa pede*

Setelah ngeliat sunrisenya, emang cantik banget sih. Cinta banget gue sama ini negara. Pemandangannya cakep-cakep banget! :")

Matahari Terbit
2. Ke kawah Bromo yang dikelilingi oleh Lautan Pasir seluas 10 kilometer persegi.

Nah, di kawasan ini, gue nggak kesampean buat ngeliat kawah Bromo dari deket, soalnya akses ke sana cuma dua: jalan kaki atau naik kuda. Kalo jalan kaki, bisa makan waktu satu jam. Kalo naik kuda, guenya nggak punya nyali. Haha. Denger-denger, harga sewa kudanya berkisar antara Rp 80.000,- - Rp 100.000,-. Kalo naik kuda sih, tentu lebih cepet jadinya. Tapi, mau naik kuda/jalan kaki, buat ngeliat kawah Bromonya, tetep harus lanjut naik 250 anak tangga.

Kemaren, akhirnya gue cuma ngeliat dari bawah aja tuh akses ke kawah Bromonya. Lalu sarapan bentar minum sereal. Foto-fotoin bukit-bukit yang ada di sekitar lautan pasirnya juga.

Hamparan Lautan Pasir yang mengelilingi area bawah Kawah Bromo
Area kawah Bromo dilihat dari bawah
Hmm, suatu waktu nanti gue harus balik lagi nih ke sini! Ihiy!!!

3. Padang Savana.

Di sebelah jauh lagi dari lautan pasir yang gue ceritain di poin nomor 2, kita bisa ketemu apa yang namanya Savana. Dikelilingi bukit-bukit yang super duper hijau, lalu beralaskan pasir-pasir yang ditumbuhin rumput-rumput hijau nan asri. Katanya bapak Djoko (yang nganterin kita kemana-mana make JIP-nya), tempat ini sering dijadiin tempat syuting film.

Yang dipanggil Bapak Djoko
Gue juga nih make buat syuting. Syuting film pribadi tapi. Huft.

Padang Savana
Tapi, di sini tuh bagus banget. The most beautiful view for that morning-lah pokoknya! Bayangin aja, sekeliling lo perbukitan semuaaaaaa, rumput-rumput semuaaa. Dan luaaaaaaaaaaaaas banget! Tuhan Maha Besar, euy!

4. Pasir Berbisik

Nggak tau juga kenapa tempat ini dinamakan Pasir Berbisik. Katanya sih karena pasir-pasirnya kalau ketiup angin, bisa menghasilkan suara-suara bisik-bisik merdu begitu. Hehe. Tapi, lepas dari latar belakang namanya, tempat ini cakep juga lho! Bukan pasir pantai doang yang bisa keren, pasir di sini bisa jauh lebih keren! Pasirnya berundak-undak gitu membentuk bukit-bukit kecil, dan halusnyaaaaaaaa banget-banget. Betah betah betahhhhh!!!

Pasir Berbisik
Yah, tapi cuma 4 tempat yang bisa gue kunjungin kemaren. Selain itu, gue dibonusin pemandangan-pemandangan oke di sekitaran Bromo, dan juga sempet berhenti sebentar di kawasan yang (katanya) dinamakan Bukit Cinta. Baguuuusnya bagus banget. Nggak ngerti lagi sama kawasan ini, pemandangannya cakep-cakep banget.

Area yang katanya Bukit Cinta
Untuk anggaran yang kemarin dikeluarin ketika berwisata Bromo ini adalah sbb:

1. Sewa JIP+Pengendara-nya: Rp 700.000,- untuk keliling ke 4 tempat di kawasan Bromo
2. Karena kemaren sama sekali nggak bawa jaket tebal, akhirnya gue, Papa, Mama nyewa. @ Rp 20.000,-
3. Karena dari tempat pemberhentian JIP, gue, Papa, Mama nggak mau jalan kaki ke Penanjakan, kita naik ojek. @ Rp 40.000,- PP naik turun/ojek.

Puas nggak puas keliling tempat wisata di Bromo, kita turun juga balik ke penginapan. Nggak pake mandi dan cuma ganti baju, kita akhirnya bergegas ke Malang. Tadinya, niat sarapan di daerah Lumajang. Tapi sepanjang Lumajang nggak ketemu makanan sama sekali sampai ujung-ujungnya di Malang baru nemu tempat makan. Maklum, hari Kamis tanggal 8 Agustus euy, Lebaran, jadi wajar kalo jarang yang buka. Sejauh mata memandang dan mobil berkeliling, kita ketemu satu tempat makan yang buka di Malang. Dan itu adalah ...................................... DANDEE'S Resto di Jalan KH Agus Salim, Malang. Ini adalah tempat makan steak serta makanan-makanan yang berbahan dasar ayam. Jujur, tak seperti yang saya harapkan. Yang saya harapkan adalah menyantap sesuatu yang khas Malang, tapi ujung-ujungnya steak-steak juga. Yasudah makan aja, daripada perut kosong, ta?

Setelah memesan berbagai jenis steak dan makan, hmm, lumayan enak juga. Harga juga standard.

Tenderloin Steak: Rp 27.500,-;
Sirloin Steak: Rp 25.500,-;
Chicken Steak: Rp 21.000,-;
French Fries: Rp 10.000,-

Makan selesai dan perut sudah terisi. Lanjutlah perjalanan kita menuju kota Batu. Yang diandelin ya google Maps! lagi. Sempet disuruh keluar masuk gang pula sama si google Maps! ini. Bener-bener ngerjain. Meskipun begitu, nyampe juga sih ujung-ujungnya di kota Batu.

Sampe di kota Batu masih sore tuh untungnya, langsunglah berkelana mencari tempat penginapan. Masuk keluar hotel, harganya banyak yang nggak cocok, terus banyak yang udah penuh juga. Huft, kami semua lelah. Eits, tapi pada akhirnya, bertemulah kita semua dengan HOTEL ASIDA yang berlokasi di Jalan Panglima Sudirman 99, Batu. Ada satu kamar yang masih kosong. Puji Tuhan.

Kamarnya bagus, kamar mandinya bagus, tempat tidurnya gede, dan yang terpenting, colokannya banyak! Hehe. Kami membayar Rp 800.000,- untuk sebuah Suite Room dan sehelai extra bed. Harga sebanding dengan pelayanan kok. Di dalam kamarnya ada ruang bincang-bincang yang dilengkapi 3 buah sofa; ada kulkas; ada TV. Bersih. Apik. Wangi. Breakfast dikasih untuk 3 orang. Tapi, hotel ini belum dilengkapi fasilitas Wi-Fi.

Udah lega karena udah dapet hotel, terus udah wangi juga karena udah mandi, kita semua siap-siap deh ke Batu Night Spectacular (BNS) di Jalan Oro-Oro Ombo. Sebuah tempat wisata yang konon katanya paling hits di Batu. Ada juga Jatim Park I dan Jatim Park II yang nggak kalah bagus. Tapi, kemaren kita cuma ke BNS aja, nggak ke Jatim Park. Nggak cukup waktunya, hehe.

Bagian dalam BNS.
Harga tiket masuk BNS itu Rp 20.000,-/orang. Di dalamnya ternyata banyak wahana-wahana yang ditujukan untuk memacu adrenalin. Ada kursi terbang, sepeda udara, kora-kora, daaaaaaan masih banyak lagi yang gue sendiri udah lupa namanya.

Harga tiket masing-masing permainan palingan berkisar antara Rp 10.000,- - Rp 12.500,-. Ada Rumah Hantu dan Lampion Garden-nya juga. Lampion Garden-nya sendiri mungkin mirip Taman Pelangi kalo di Jogjakarta. Di BNS ini nggak cuma ada mainan/wahana-wahana doang, tapi ada juga Food Court yang biasanya dilengkapi pertunjukkan lampu-lampu laser gitu. Lalu ada kios-kios penjajaan souvenir-souvenir khas Batu juga. Tempat bermain yang menghibur banget deh pokoknya!

Gue sendiri di BNS cuma main kursi terbang. Seru banget diterbang-terbangin gitu, diputer-puter ampe pala lumayan keliyengan dan tangan gemeteran kedinginan. Tapi herannya, gue nggak teriak-teriak histeris. Mungkin ketakutannya udah parah jadi cuma diem doang kali ya. Tapi, it was really fun! Nagih pengen nyoba mainan-mainan serem lainnya, tapi waktunya udah malem banget. Kan harus istirahat karena besoknya mau ke Solo. Hehe, jadilah pulang aja gue dan nggak sempet main mainan lainnya.

Sebelum pulang, gue mampir dulu ke Rumah Sosis Bandung yang ada tepat di seberang BNS. Beli sosis bakar dulu, hehe lumayan buat cemal-cemil. Selesai dari Rumah Sosis, kita akhirnya balik lagi ke jalan deket hotel buat beli makan malem. Kita beli makanan di rumah makan Iga Bakar. Gue lupa keluarga gue mesen apa aja, yang jelas, malam itu gue makan Nasi+Bebek Goreng lagi dan dilengkapi dengan segelas Teh Tarik hangat. Hehe.

Kita semua makannya di hotel aja sambil bersantai ria. Setelah perut kenyang, semua pun terbaring senang. Hari keempat perjalanan menanti!

Hari IV: Jumat, 9 Agustus 2013.
Dari santai sampai susah cari hotel.

Hotel ASIDA terlalu nyaman untuk ditinggalkan, tapi apa daya, kaki kan harus melanjutkan perjalanan. Iya nggak? Hehe. Setelah sarapan, jam 9 atau jam 10an pagi, kita check-out. Nah, mulai deh wisata kita di kota Batu.

Pertama, kita berencana mau metik apel di Kusuma Agrowisata di Jalan Abdul Gani Atas. Cuma aja, waktu hari itu, paket yang disediakan cuma paket metik strawberry doang, nggak ada yang metik apel.

Depannya Kusuma Agrowisata
Yaudah deh nggak jadi jalan-jalan di sana. Kita langsung cuss aja beli oleh-oleh khas Batu, terus bergegas ke Taman Rekreasi Selecta

Taman Rekreasi Selecta: Harga tiket masuknya Rp 15.000,-/orang dan untuk mobil Rp 5.000,-

Di Taman Rekreasi Selecta, gue sama Mama mainan sepeda bebek air. Bayarnya Rp 15.000,- untuk 15 menit. Ternyata pegel juga euy ngayuh sepeda bebek-bebek air itu. Hahaha.

Selesai capek-capek ngayuh sepeda bebek air, kita cuma muter-muter bentar di sana. Tadinya berharap akan ngeliat Taman Bunga, tapi karena pada agak males jalan-jalan jauh, akhirnya cuma cuci-cuci mata sebentar liat bunga-bunga dan ikan-ikan di kolam serta akuarium, kita langsung cabut lagi deh.

Oma masih penasaran sama wisata metik apel, akhirnya dicariin Papa deh tempat buat metik apel dan makan apel sepuasnya. Ketemu tuh akhirnya setelah kita turun dari Taman Rekreasi Selecta, sebuah tempat memetik apel. Yaudah, cuma Papa sama Oma aja yang metik apel. Gue, Mama, Opa enggak ikutan karena nggak doyan.

Tujuan selanjutnya itu kita mau ke Kediri. Mau ke Goa Maria Puh Sarang di sana. Sebelum itu, kita mampir dulu ke sebuah tempat makan bakso arema. Kurang banget kan rasanya kalo ke Malang tapi nggak nyobain bakso. Tempat makannya terletak di Jalan Patimura. Harga semangkok Bakso Malangnya Rp 9.000,- dan Bakso Campurnya Rp 17.000,- (ada bakso bakarnya juga). Enak banget yee bakso Malang itu! Ckck.

Usai dari Batu, kita cuss ke Kediri. Cukup perjuangan juga ke sana, karena sempet dibikin nyasar lagi sama google Maps! Jadi salah gitu doi nunjukkin jalannya. Huft. Perjalanan baru berhenti di tempat tujuan (Goa Maria Lourdes Puh Sarang) itu sekitar pukul 6 sore.

Hari sudah mulai gelap. Di sana pastinya kita berdoa kan. Nah, kurang lebih 30 menitlah kita doa, abis itu kita jajan-jajan souvenir dikit. Di sana, toko souvenirnya lengkaaaaaaaaaaaap banget. Berbagai jenis rosario, patung, dan aksesoris-aksesoris agama Katolik lainnya luengkap selengkap-lengkapnya. Bikin pengen borong semuanya! Hahaha. Doa udah, beli souvenir udah, bawa air suci udah, yaudah deh kita cabski menuju kota sebelah.

Itu yang digantung itu rosario semua loh. ;)
Rencananya kan lewat Madiun buat ke Solo, tapi nggak jadi. Kita jadinya lewat Ngawi. Nyampe di Ngawi itu udah jam 12an, dan kita rencananya nginep di Ngawi. Tapi, hotel Sukowati - yang direkomendasiin sama google sebagai hotel kece di Ngawi - juga ikutan penuh. Lanjutlah kita ke Sragen pengen nginep, tapi full juga hotelnya.

Mau nggak mau bablas juga deh ke Solo. Sampe di Solo sekitar jam 2 pagi, dan kita muter-muter cari hotel. Semuanya penuh. Sekalinya ada kosong, harganya mahal banget. Untunglah, karena kita nggak menyerah dan terus berusaha, ketemu juga sebuah hotel kosong. Namanya Orange Hotel, di Jalan Insinyur Sutami. Harga perkamarnya Rp 470.000,- untuk yang Deluxe Room. Yang lebih murah (Superior Room) udah penuh.

Yasudah, puji Tuhan dapet tempat istirahat kan, kita langsung cuss tidur deeehhh. Hotelnya masih dalam tahap renovasi, jadi masih ada 'kurang-kurang' dikit di beberapa sisi. Tapi, keseluruhannya oke kok. Sarapan sepuasnya, tapi harus di restorannya, nggak bisa dianterin. Menunya ada telor balado, nasi goreng, mi goreng, dan pecel. Enak ;)

Hari V: Jumat, 10 Agustus 2013.
Belanja batik lalu bermalam di sepanjang jalan.

Bangun tidur ku langsung makan pagi. Abis makan pagi baru mandi. Abis mandi, lalu ke Pasar Klewer belanja batik. Seneng deh, bisa beli beberapa potong batik, meskipun cuma baju dan celana tidur yang dipake santai-santai. Tapi beli baju dan rok juga. Murah-murah dan banyak banget jenis batiknya. Seneng liatnya! Pasar Klewer pokoknya emang nggak ada matinya deh jadi pertokoan batik-batik. Lengkap terus puas gitu. Hehe. Dari Pasar Klewer, kita menuju ke hotel buat beres-beres dan check-out

Rencananya, langsung menuju Semarang buat makan siang dan beli lumpia, terus pulang ke Jakarta. Eh, ternyata kita malah muter-muter dulu nyari serabi di Jalan Slamet Riyadi, terus makan Bakso dulu di Bakso Garasi. Perut kenyang baru deh kita lanjut ke Semarang. Tapi oh tapi lagi, kita kena macet :(. Nyampe Semarangnya jadi maleeeeeeeeeeem banget, sekitar jam 9 jam 10 malam. Rencana mau makan seafood, malah jadinya nggak makan apa-apa. Baru ketemu tempat makan pas udah keluar Semarang. Makanannya juga standard banget. Hancur sudahlah harapan makan seafood di Semarang, cuma mau gimana lagi. Hehe.

Selama perjalanan pulang ke Jakarta, nggak banyak yang bisa diceritain. Yang ada cuma kita semua yang nahan ngantuk. Mama sama Oma Opa sih tidur. Tapi gue pengennya nemenin Papa nyetir, cuma akhirnya ketiduran juga. Huft, perjalanan yang cukup melelahkan, tapi untungnya, hari MINGGU, 11 Agustus 2013, kita semua sampe juga dengan selamat di rumah tercinta.

Oiya, ada satu lagi yang kelewatan. Pagi-pagi di Hari Minggu ini, akhirnya kita bisa makan seafood juga! Di Jalan By Pass Kali Anyar. Nggak tau juga sih itu di daerah mana, tapi seafoodnya lumayan enak. Makan Ikan Ayam-ayam Bakar, Ikan Bawal Bakar, Cumi Bakar, dan Cah Kangkung. Huft, perut kenyang selama perjalanan pulang.

Sampe di rumah sekitar pukul 1 siang. Semua tepar setelah beres-beresin barang. Tapi, yaaaa, satu hal yang pasti kita rasain selain rasa capek adalah: SENANG! Iyaaaa, seneng banget bisa Quality Time bareng-bareng gitu. Keluarga emang tempat yang paling nyaman, ya! :)

Hmm, sekian deh cerita perjalanan ke Jawa Tengah dan Timur kali ini.
Sampai jumpa di cerita-cerita berikutnya, ya:)

SALAM OLEH-OLEH ;)

1. whoaa bromo bikin penasaran ya :') keren bgt!
    ohh kukira namanya pasir berbisik karena filmnya christine hakim itu lho :))

1. aaa bahkan nggak tau film christine hakim yang judulnya itu loh.hehe. Bromo bagus sekali memaang, tapi sayang nggak sampe ngeliat kawahnya huft.

2. Chaaaa salamin gue oleh-oleh dong!!! :')

1. yang makanan-makanan, pesimis bisa dibagiin pas masuk nih. haha

Thanks for leaving a comment :)