Wednesday, July 2, 2014

A Hwa Chinese Food: Makan Banyak, Perut Kenyang!

Sepertinya ada yang salah dengan judul yang gue bikin. Kalau makan banyak ya pasti perut kenyang. Nggak mungkin makan banyak, tapi perut nggak kenyang-kenyang. Bukan karet, kan, tuh perut? Hehe.

Gue memberi judul seperti itu tentu ada alasannya. Di A Hwa Chinese Food daerah Pluit, kita akan bisa makan banyak (sebanyak-banyaknya) dan perut kita akan kenyang (sekenyang-kenyangnya).

Gue nggak tau restoran ini udah terkenal banget atau belum, yang jelas, setiap ke sini pasti rame banget. Makanannya enak, harganya juga nggak terlalu mencekik. Semahal-mahalnya, satu orang bisa makan sampai lima menu dengan budget IDR 50/orang. Ya, kalau makannya rame-rame sih. Hehe.


Suasana A Hwa
Kebetulan, gue selalu berkunjung ke sini sama keluarga. Jadi, kita selalu berlima. Kunjungan terakhir sebelum gue menelurkan tulisan ini adalah kunjungan gue yang ketiga.

Kalau ke sini, menu yang juara itu emang Babi sama Bebek. Jadilah, gue pesen menu-menu itu dan beberapa menu lainnya.

Here they are, the review!

1. Bebek Peking Panggang (IDR 140/ekor)

Kalau mau makan bebek peking tapi kalian nggak bawa banyak orang, jangan pesan yang satu ekor. Gue berlima biasa pesan yang 1/4 ekor. Itu aja udah cukup kok buat bagi-bagi. Ya, kalau benar-benar cinta bebek, pesen 1/2 boleh lah.

Bebek!
Soal rasa, rasanya enak, dagingnya lembut. Rasa sausnya juga pas. Tapi, buat gue ada kurangnya. Kulitnya kurang garing, melainkan berminyak dan basah. Cocok buat orang yang suka banget sama tekstur kulit bebek yang berminyak dan berlemak. Enak sih emang, tapi akan jauh lebih enak kalau kulitnya garing. Gue pribadi soalnya lebih doyan yang kulitnya garing. Lebih nyesss... Selera orang kan beda-beda tapi yaaa. Hehe

2. Siobak (IDR 30/ons) dan Chasiu Madu (IDR 35/ ons)

Duet daging babi ini emang tiada tara enaknya. Siobak itu yang ada minyak-minyak babinya gitu. Warnanya coklat, biasanya garing. Di A Hwa, siobaknya garing dan enak. Sama enaknya kayak daging merah atau Chasiu Madunya. Chasiu ini sebenarnya juga ada yang biasa, alias ga ada embel-embel madu-nya. Bedanya, kalau chasiu madu itu lebih garing dan manis. Kalau yang biasa, lebih terasa 'daging'nya dan nggak segaring chasiu madu. 

Sio Bak + Chasiu Madu
Gue sendiri lebih suka yang chasiu madu karena manis dan garing. Lebih enak aja. Cuma emang lama-kelamaan pasti enek makannya kalau kebanyakan.

Sejujurnya, gue nggak pernah menemukan duet daging babi ini nggak enak. Seolah-olah, semua yang bikin daging ini, udah punya SOP sendiri gimana mengolah babi biar enak. Hmm..

3. Cumi Tauco Pete (IDR 45)

Cumi, ada tahunya juga kan tuuuuhh....
Tauconya enak. Cuminya lunak dan terasa fresh. Tapi, kurang asin buat gue. Maklum, standar keasinan gue agak jauh dari standar. Porsinya cukup banyak dan cukup banget buat ramean. Recommended enough...

4. Sop Hipio Bakso (IDR 45)

Ada hipio (katanya perut ikan), ada bakso ikan, ada sayur-sayuran juga macam sawi, wortel, dll. Kuahnya bening dan standar aja gitu rasanya. Kalau mau sesuai selera, bisa ditambahin kecap asin atau cabe hijau potong atau bumbu lainnya. Gue sendiri, selama ada cabe + kecap asin, lidah gue pasti aman terkendali. Makan babi ditemenin pake sayur kuah itu buat gue kombinasi yang pas banget. Biar nggak seret. 


Lagian, kalau udah bosen sama yang namanya Sapo ini Sapo itu, cobain sop bakso kuah aja sekali-kali. Biasanya, di Chinese Food Restaurant, bakso yang dipakai di sop bakso kuah adalah bakso ikan. 

5. To Miau Bawang Putih (IDR 37.5)

To Miau!
Rasanya standar sayur hijau pada umumnya. Harganya standar juga sih. Tapi standar orang Pluit, hoho. Untuk sayur, memang harga di A Hwa lumayan tinggi. Tapi emang porsinya banyak sih, cukup buat 5 orang.

6. Nasi Putih (IDR 6)

Nggak perlu review kan? :p

7. Chinese Tea (IDR 15)
Dihitung per-pot. Jadi, untuk berlima tetap IDR 15. Refill pula! Cocok untuk dijadiin pilihan minuman.


Overall, rasa makanan di A Hwa enak. Tapi khusus yang berbau-bau babi dan bebek aja. Yang lain, rasanya standar. Kalau yang belum pernah gue pesen, gue belum bisa bilang rasanya gimana. Untuk harga, beberapa menu bisa dibilang mahal, tapi beberapa menu bisa dibilang cukup murah atau standar. Anyway, di buku menunya tidak dicantumkan harga, jadi pesanlah ikan/babi/bebek yang harganya menurut gue cukup wajar. Nggak makan babi? Tenang, masih ada ayam, sapi dan berbagai jenis hidangan laut.

Udah penasaran? Yuk ke A Hwa.

A Hwa Chinese Food Restaurant (
Jalan Pluit Karang Timur Blok O VIII No. 64-65
Muara Karang
Tel: 021 668 1628

No comments:

Post a Comment

Thanks for leaving a comment :)